Kulit Gatal dan Merandang Karena Eksim? Ini Pantangan yang Harus Dihindari

Kulit Gatal dan Merandang Karena Eksim? Ini Pantangan yang Harus Dihindari

Eksim merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang kulit akibat beberapa faktor. -Pinterest -

Mandi sebenarnya salah satu cara mudah untuk melembapkan kulit. Namun, mandi terlalu lama, lebih dari 15 menit, justru bisa membuat kulit kering.

Hal ini karena mandi terlalu lama dapat mengikis sebum, yakni minyak alami kulit. Akibatnya, kulit kehilangan minyak alaminya.

Kulit kering adalah salah satu pemicu eksim dan iritasi yang sering dilaporkan. Maka dari itu, mandi terlalu lama menjadi pantangan yang harus dihindari penderita eksim.

BACA JUGA:Ragu dengan Obat-obat Apotek? Berikut Bahan Alami Panu yang Ampuh Obati Panu

BACA JUGA:Cipung Suka Makan Ikan Ini, Simak 8 Manfaat Ikan Shisamo Bagi Kesehatan

Waktu mandi yang ideal menurut para ahli adalah 5 menit. Ini mencakup waktu untuk membasuh tubuh dan memakai sabun saha belum termasuk cuci muka, sikat gigi, dan yang lainnya.

5. Hindari sabun berbahan kimia 

Pantangan bagi penderita eksim yang perlu dihindari selanjutnya adalah produk kebersihan diri seperti sabun mandi dengan kandungan bahan kimia tertentu.

Berbagai bahan kimia tersebut biasanya berperan sebagai zat pewarna, pewangi, atau pengawet. Bahan kimia di dalam produk tersebut dapat mengikis minyak alami kulit yang seharusnya berfungsi menjaga kulit tetap lembap dan memperparah gejala eksim.

Jika Anda mengidap eksim, sebisa mungkin, pilihlah produk berbahan lembut atau yang terbuat dari bahan alami seperti oatmeal koloid guna memperbaiki lapisan kulit.

BACA JUGA:12 Manfaat Peach Gum, Getah Pohon Persik yang Menyehatkan

Itulah pantangan yang perlu diketahui penderita eksim. Dengan mengetahui beberapa pantangan di atas Anda dapat mencegah dan mengatasi penyakit eksim mulai muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: