Inilah 8 Penyebab Infertilitas Wanita dan Faktor Risikonya

Inilah 8 Penyebab Infertilitas Wanita dan Faktor Risikonya

Infertilitas wanita bisa juga disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, khususnya obat-obatan yang digunakan dalam jangka panjang atau dosis tinggi.--

7. Endometriosis
Penyebab infertilitas pada wanita berikutnya adalah endometriosis. Pasalnya, penanganan endometriosis melalui operasi pengangkatan bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut. Munculnya jaringan parut ini dapat menghalangi tabung saluran indung dan menghambat terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.

8. Efek samping obat-obatan
Infertilitas wanita bisa juga disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, khususnya obat-obatan yang digunakan dalam jangka panjang atau dosis tinggi. Hal ini karena obat-obatan tersebut dapat mengganggu ovulasi dan produksi sel telur.

Berikut ini adalah beberapa contoh obat-obatan yang efek sampingnya bisa mengganggu kesuburan wanita:
- Obat-obatan jenis OAINS, seperti aspirin dan ibuprofen
- Obat-obatan antipsikotik
- Obat antidiuretik spironolakton
- Obat-obatan kemoterapi
- Obat-obatan terlarang, misalnya ganja dan kokain

BACA JUGA:Arti Body Shaming dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental

Selain berbagai penyebab di atas, terkadang infertilitas atau kemandulan pada wanita juga tidak bisa diketahui secara pasti. Selain itu, sulitnya memiliki momongan juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti masalah kesuburan pada pria.

Oleh karena itu, untuk memastikan penyebab infertilitas yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang, seperti tes darah dan urine, USG, serta pemeriksaan hormon. Jika masih bisa diobati, dokter akan memberikan penanganan melalui obat-obatan, terapi hormon, atau operasi untuk mengatasi infertilitas wanita. Selain itu, untuk meningkatkan peluang hamil, dokter juga akan menyarankan program bayi tabung.(bee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: