5 Siasat untuk Menghentikan Hobi Menggigit Kuku

5 Siasat untuk Menghentikan Hobi Menggigit Kuku

Menggigiti kuku dikenal onychophagia adalah kebiasaan yang berkaitan dengan stres atau rasa gugup yang biasanya dialami anak-anak dan orang dewasa.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah Anda melihat orang yang sering kali menggigit kuku? Menggigit kuku adalah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Kebiasaan yang sulit dihentikan ini dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Lantas, kenapa sih kita melakukan kebiasaan dan bagaimana cara menghentikannya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

Menggigiti kuku dikenal onychophagia adalah kebiasaan yang berkaitan dengan stres atau rasa gugup yang biasanya dialami anak-anak dan orang dewasa.

Kebanyakan orang yang mengalami hal ini umumnya menggigiti lempeng kuku dan terkadang jaringan pada bantalan kuku serta kutikula.

BACA JUGA:Pilihan Obat Batuk Kering Alami yang Aman dan Efektif

Kebiasaan ini umumnya dilakukan tanpa disadari oleh penderitanya. Banyak dari mereka yang merasa tenang setelah mencabuti ujung kuku atau kulit di sekitarnya.

Nah, untuk menyiasati kebiasaan ini, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba yang mungkin dapat mengurangi kebiasaan menggigiti kuku.

1. Jaga kuku tetap pendek

Salah satu cara menghentikan perilaku menggigit kuku adalah rutin memotong kuku agar dapat menjaganya tetap pendek.

Pasalnya, kuku panjang cenderung lebih menarik untuk digigit dibandingkan kuku dengan ukuran pendek.

BACA JUGA:Tips Atasi Stres akibat Masalah Keuangan dengan 5 Cara Ini

2. Buat tangan atau mulut tetap sibuk

Alih-alih menggigit kuku, Anda bisa mengalihkan perhatian tersebut dengan aktivitas lainnya. Cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda dengan menggambar, menulis, atau mengunyah permen karet.

3. Minta bantuan orang lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: