Timsel Siap Coret

Timsel Siap Coret

\"kpu\"BENGKULU, BE – Menyikapi sorotan yang deras terhadap daftar nama 20 besar calon anggota KPU Provinsi Bengkulu, Tim Seleksi (Timsel) KPU Provinsi akhirnya menyatakan siap mencoret calon komisioner KPU yang tersandung kasus. \"Sampai hari ini (kemarin,red) belum ada saran atau tanggapan yang disampaikan secara resmi kepada kami,\" kata anggota Timsel, Drs H Khairudin Wahid MAg, kemarin.

Kendati demikian, Khairidin menegaskan pihahknya siap mempertimbangkan setiap tanggapan atau saran yang disampaikan berbagai kalangan masyarakat, termasuk tanggapan yang disampaikan melalui media massa. \"Baik yang disampaikan melalui media atau langsung dalam bentuk surat, semuanya akan kami respon,\" ungkapnya.

Khairudin juga meminta agar masyarakat proaktif menyampaikan masukan berupa fakta-fakta yang berkaitan dengan track record  calon yang lolos 20 besar tersebut. Bila masyarakat tidak proaktif, dikhawatirkan calon yang kurang baik lolos menjadi anggota KPU 5 tahun mendatang. Diakuinya, Timsel sendiri memiliki keterbatasaan dalam hal menelusuri rekam jejak setiap calon.

Klarifikasi Sementara itu, kemarin 5 orang warga yang mengaku sebagai Pemerhati Provinsi Bengkulu memberikan klarifikasi terkait mecuatnya nama Drs Faisal Bustamam yang berstatus terdakwa korupsi, namun lolos 20 besar. Warga tersebut, yakni Firmansyah, T. Sumarni, Frans Supera, Dra Rosnaiti dan Irin Giwal SE. Kelimanya mengklarifikasi dengan mengirim foto kopi Surat Klarifikasi yang ditujukan kepada Timsel.

\"Kami sangat mendukung opini bahwa Drs Faisal Bustamam saat ini menjadi terdakwa untuk dipertimbangkan agar tidak lolos 10 besar. Namun wajib memiliki dasar hukum yang jelas, sehingga tidak memvonis yang bersangkutan sebelum ada keputusan pengadilan yang inkracht,\" demikian diantara bunyi surat tersebut. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: