Targetkan Jadi Pemasok Benih Unggul

Targetkan Jadi Pemasok Benih Unggul

\"benihTUBEI,BE - Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Lebong terus berusaha menjadikan Lebong sebagai salah satu pemasok benih unggul nasional.

Salah satunya dengan direalisasikannya benih penangkaran di beberapa wilayah kecamatan tahun 2012 lalu. Dengan penangkaran tersebut diharapkan tahun 2013 ini target itu bisa dipacai.

Kepala DPKP Lebong Ir Rudi Pancawarman mengatakan, pihaknya sudah merealisasikan lebih kurang seribu hektare benih untuk penangkaran tahun lalu.

Realisasi tersebut dilakukan di 4 kecamatan yakni, Kecamatan Pinang Belapis, Lebong Selatan, Lebong Atas dan Kecamatan Pelabai, dengan benih varietas cigelis dan imvari 13.

\"Realisasi penangkaran tersebut selain untuk memenuhi target kita menjadikan Lebong sebagai kabupaten penyuplai benih unggul nasional tahun 2013, juga untuk memenuhi kebutuhan program bantuan langsung benih unggul dari pusat yang ada di Provinsi Bengkulu,\" kata Rudi.

Kebutuhan Provinsi Bengkulu sendiri untuk memenuhi program BLBU mencapai lebih kurang 1250 ton setiap tahunnya. Sejauh ini diperkirakan sekitar 40 persen atau sekitar 350 hingga 500 ton kebutuhan BLBU Provinsi Bengkulu sudah terpenuhi oleh Kabupaten Lebong. Proses pemenuhan kebutuhan tersebut ditahun 2012 lalu sudah mulai diproses.

\"Sedangkan untuk Kabupaten Lebong sendiri, kebutuhan benih unggul untuk BLBU dari pemerintah pusat maupun benih unggul untuk program APBD Lebong mencapai 300 ton/tahun. Semuanya sudah bisa kita penuhi dengan hasil tangkaran kita sendiri di Lebong. Benih unggul tersebut sudah berlebel dan tersertifikasi. Mudah-mudahan target kita pada tahun 2013 ini bisa tercapai,\" ungkap Rudi.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: