DPD Dukung Pemekaran Lembak

DPD Dukung Pemekaran Lembak

\"DSC_0245\"PUT, BE - Usulan pemekaran calon Kabupaten Lembak mendapatkan dukungandari anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Provinsi Bengkulu, Hj Eni Khairani MSi.  Dalam reses yang berlangsung di rumah makan Dapur Nenek Kota Lubuklinggau, Senin (8/4), Eni Khairani mengungkapkan kesiapan DPD dalam memperjuangkan usulan pemekaran calon Kabupaten Lembak yang menjadi keinginan masyarakat tersebut.

\"Saya ini keluarga yang akan ikut berjuang bersama presidium calon Kabupaten Lembak dan siap memfasilitasi pemekaran yang diinginkan masyarakat,\" ungkapnya.

Pertemuan dengan agenda jaring apirasi dan silaturahmi tersebut, diikuti pengurus presidium Lembak, Mantan Wakil Bupati RL Umar Usman, sejumlah mantan anggota DPRD RL diantaranya Jimat, Yazid, Suherman, Ruswan, mantan Sekdakab RL Surya Gani, tokoh pemuda dan perwakilan masyarakat di 7 kecamatan di wilayah Lembak.

Dalam pertemuan itu, dilakukan dialog antara tokoh pemekaran calon Kabupaten Lembak dengan anggota DPD.  Salah satunya Ketua Presidium Lembak Ishak Zaidin yang mengungkapkan dukungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, berupa anggaran Rp 5 miliar untuk pilkada pertama di Lembak, serta bantuan selama 2 tahun senilai Rp 10 miliar untuk pemerintahan di Lembak.

Selain itu, sambung Ishak, kajian akademis Universitas Bengkulu dengan poling 441 menunjukkan wilayah Lembak sangat layak dan sangat mampu dalam kajian tersebut, bahkan proposal pemekaran yang saat ini ada di pemerintah Provinsi Bengkulu akan diparipurnakan dan siap disampaikan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). \"Persyaratan pemekaran sudah cukup lengkap, dengan acuan PP nomor 78 tahun 2007 tatacara penghapusan dan penggabungan daerah,\" tegas Ishak.

Lembak, tegas Ishak, harus dimekarkan, karenakan luas wilayah yang sangat luas wilyah mencapai 99 ribu meter persegi dengan jumlah penduduk 100 ribu jiwa dari berbagai suku yang tersebar di 7 kecamatan, sehingga dengan jumlah penduduk dan luas wilayah yang luas tersebut, sedangkan untuk mengamankan wilayah tersebut, personil dari Polres Rejang Lebong hanya memiliki 3 Polsek dengan anggota 70 orang sangat tidak sebanding dengan jumlah penduduk, \"Sehingga keamanan sangat tergantung dari 70 orang polisi,\" ungkapnya. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: