Ini Dia Manfaat Bayam Merah yang Jarang Diketahui

Ini Dia Manfaat Bayam Merah yang Jarang Diketahui

Bukan hanya antioksidan saja, bayam merah juga mengandung vitamin C yang mampu mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan ketika sedang sakit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang tumbuh subur di Indonesia. Sayuran yang satu ini mungkin sering kamu konsumsi sehari-harinya. Kalau dibanding Bayam hijau, Bayam merah memang tidak lebih populer. Kendati demikian, manfaat Bayam merah tak kalah jauh dari Bayam hijau lo.

Bayam merah atau biasa disebut bayam Cina merupakan salah satu tanaman bernilai ekonomis tinggi. Meski Bayam merah memiliki rasa yang sama dengan bayam hijau, kandungan zat warnanya menjadikan manfaat Bayam merah sebagai antioksidan lebih unggul.

BACA JUGA:Kandungan Nutrisi Bayam Brazil Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Sama seperti bayam pada umumnya, tumbuhan bernama Latin Amaranthus dubius ini dianggap memiliki segudang manfaat. Walau disebut bayam merah, bayam jenis ini memiliki daun dan batang berwarna merah keunguan.

Bayam hijau maupun merah memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam sayuran ini termasuk karbohidrat kompleks, serat, air, serta vitamin A, B, C, K, folat, dan mineral seperti kalium, zat besi, kalsium dan natrium. Selain itu, bayam merah memiliki kandungan anthocyanin yang memberikan warna merah keunguan pada sayuran ini. Zat ini memiliki sifat antioksidan.

Lantas, apa sih yang membedakan bayam hijau dengan bayam merah? Sebenarnya, perbedaannya tak terlalu mencolok kok.Bayam merah mengandung pigmen betasianin dan antosianin yang lebih tinggi dari bayam hijau.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Lanjutkan Program Bedah Rumah, Perkim Data 23 Unit Rumah

Manfaat Kesehatan dari Bayam Merah
Yuk, cari tahu beragam manfaat kesehatan dari bayam merah berikut ini:

1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin
Hemoglobin merupakan salah satu sel darah merah yang kaya akan kandungan zat besinya. Jenis sel darah ini punya fungsi penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan hemoglobin dapat membuat kamu mudah lelah dan lemas. Nah, bayam merah mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

2. Menjaga Kadar Gula Darah
Gula darah yang tidak terkontrol adalah salah satu pemicu utama penyakit diabetes. Studi yang dipublikasikan di Tropical Journal of Pharmaceutical Research menunjukkan bahwa bayam merah memiliki khasiat sebagai antidiabetes. Bukan cuma itu saja, bayam merah juga mengandung tanin dan polifenol yang mampu menjaga kadar trigliserida.

BACA JUGA:Pilgub Bengkulu 2024: Rohidin Mersyah Berpasangan dengan Meriani

3. Tinggi Antioksidan
Bayam merah memiliki kandungan antioksidan polifenol yang cukup tinggi. Jika rutin dikonsumsi, tubuh akan terlindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan sel-sel tubuh ini perlu kamu waspadai karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker.

Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bayam membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Gelar Serah Terima Jabatan 4 Pejabat Utama dan 2 Kapolres

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Bukan hanya antioksidan saja, bayam merah juga mengandung vitamin C yang mampu mengatasi infeksi dan mempercepat proses penyembuhan ketika sedang sakit. Vitamin C juga bisa menangkal radikal bebas yang berhubungan dengan penyakit kronis. Selain vitamin C, ada juga vitamin E, beta-karoten, dan zat besi.

Nutrisi-nutrisi ini mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh, memperkuat penghalang pertahanan tubuh, dan membantu dalam proses penyembuhan jika terjadi infeksi atau luka.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: