Pemprov Adakan Rapat Kerja Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan

Pemprov Adakan Rapat Kerja Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, membuka rapat kerja dalam Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan (SP3), pada Rabu (10/7/2024).-Adv-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, membuka rapat kerja Focus Group Discussion (FGD) Manajemen Risiko Lintas Sektoral Pembangunan Infrastruktur SPAM Regional Benteng-Kobema, dalam Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan (SP3), di aula Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, pada Rabu (10/7/2024).

Menurut Isnan, penyediaan air bersih menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap masyarakat. air bersih tidak hanya digunakan untuk dikonsumsi, tetapi juga mendukung berbagai aktivitas sehari-hari seperti memasak, mandi, mencuci, dan lainnya. 


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, membuka rapat kerja dalam Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan (SP3), pada Rabu (10/7/2024).-Adv-

Namun, tidak semua masyarakat dapat mengakses air bersih dengan mudah dan harga yang terjangkau. Berbagai kendala, seperti letak geografis hingga belum terbangunnya jaringan pipa yang memadai oleh penyedia layanan air bersih, masih menjadi tantangan.

BACA JUGA:Pansus LKPD Mukomuko Kritik OPD yang Gagal Laksanakan Pokir Dewan 2023

“Proyek SPAM ini diharapkan dapat mewujudkan asa masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih, khususnya di wilayah yang akan dibangun. Diketahui bersama, ada tiga wilayah yang akan dilayani, yaitu Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, dan Seluma,” kata Isnan.

Isnan melanjutkan, dalam proyek ini, BPKP berperan sebagai pengawas dan katalisator progres pelaksanaan pembangunan agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 


Rapat kerja dalam Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan (SP3), pada Rabu (10/7/2024).-Adv-

Dengan demikian, proyek ini dapat selesai tepat waktu, mengidentifikasi potensi kegagalan, serta memberikan solusi alternatif.

BACA JUGA:Terapkan Ekonomi Sirkuler, Pengelolaan Limbah FABA PLN Diapresiasi KLHK

“Ditargetkan tahun ini kita akan menguji coba penggunaan SPAM tersebut. Oleh karena itu, kita meminta kepada BPKP untuk dapat mengawasi proyek ini hingga selesai dan memastikan konstruksi yang dilaksanakan oleh BBWS, BPPW, atau Pemda tepat waktu, tepat secara kualitas dan kuantitas,” lanjut Isnan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, Faeshol Cahyo Nugroho, menjelaskan bahwa target yang dilayani oleh SPAM Benteng-Kobema adalah sekitar 38.000 Sambungan Rumah (SR) atau sekitar 128.000 jiwa yang tersebar di tiga wilayah.

“Kami memastikan proyek strategis nasional ini akan selesai tepat waktu dan akan diujicoba tahun ini. Jika tidak selesai tahun ini, maka proyek ini akan dilanjutkan sampai selesai,” terangnya.

BACA JUGA:PLN Ajukan 3 Triliun PMN 2025 Untuk Bangun Kelistrikan Daerah Terpencil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: