Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

Cepat Lapar Meski Habis Makan, Ini Dia 7 Penyebab yang Perlu Diketahui

Rasa lapar sebenarnya merupakan kondisi yang menandakan bahwa tubuh sedang membutuhkan makanan untuk menghasilkan energi-Pinterest -

Akibatnya, Anda lebih mudah lapar saat terbangun dan rentan makan berlebih setelahnya.

3. Terlalu banyak makanan manis

Bagi Anda yang hobi dengan makanan manis, sebaiknya kurangi makanan ini agar tidak mudah lapar. Asupan karbohidrat sederhana, seperti makanan manis atau minuman tinggi gula, memang bisa memberikan energi dengan cepat.

BACA JUGA:Cocok Dijadikan Camilan Sehat, Ini lah Manfaat Kuaci Manfaatnya bagi Kesehatan

Pasalnya, jenis karbohidrat ini lebih mudah dicerna dan diubah menjadi energi.  Tak hanya itu, asupan karbohidrat sederhana juga meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Meski begitu, energi dan kadar gula darah bisa berkurang drastis. Penurunan kadar gula darah inilah yang menjadi penyebab Anda merasa lapar.

4. Makan tidak teratur

Saat Anda melewatkan makan, perut Anda kosong terlalu lama. Hal ini akan meningkatkan hormon lapar, yaitu ghrelin. Akibatnya, membuat nafsu makan Anda meningkat dan tak terkendali.

Tak hanya itu, terlambat makan akan mengganggu jam biologis tubuh. Padahal, ini diperlukan untuk mengendalikan nafsu makan. Hal ini mengakibatkan Anda pun sering lapar dan cenderung makan berlebih.

BACA JUGA:Makanan-makanan yang Jadi Sumber Penyakit, Dr Zaidul Akbar: Bisa Menggangu Kesuburan Wanita

5. Memiliki hipertiroidisme

Kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif bisa menjadi penyebab cepat lapar. Kelenjar tiroid berguna untuk mengendalikan metabolisme tubuh.  Karena terlalu aktif, metabolisme tubuh pun menjadi lebih cepat daripada kondisi normal.

Hal ini menyebabkan tubuh membutuhkan energi lebih banyak sehingga Anda terus merasa lapar. 

Tak hanya itu, metabolisme yang terlalu cepat ini membuat pasien hipotiroidisme mengalami berat badan turun secara mendadak

6. Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: