Pemkot Bengkulu Usulkan Penambahan Peralatan Kebencanaan

Pemkot Bengkulu Usulkan Penambahan Peralatan Kebencanaan

Pemkot Bengkulu Usulkan Penambahan Peralatan Kebencanaan-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengajukan penambahan peralatan kebencanaan ke pemerintah pusat guna mengantisipasi bencana alam yang terjadi di wilayah tersebut.

Usulan penambahan tersebut untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu seperti tiga unit perahu dan sembilan unit tenda besar yang akan didistribusikan ke sembilan kecamatan yang ada di wilayah tersebut. 

"Kami (Pemkot) telah mengajukan permohonan bantuan kepada pihak terkait guna mendapatkan tiga unit perahu dan tiga unit tenda besar," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bengkulu Gitagama Raniputera di Bengkulu, Minggu.

Ia menyebutkan usulan penambahan alat kebencanaan tersebut sebagai upaya proaktif untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana alam seperti banjir sering melanda sejumlah wilayah di Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Minta APERSI Permudah Warga Dapatkan Rumah Layak Huni

Sebab, perahu-perahu tersebut sangat bermanfaat untuk evakuasi dan penanganan darurat di wilayah-wilayah yang rawan terkena banjir.

Sedangkan untuk tenda besar akan digunakan sebagai tempat pengungsian sementara bagi masyarakat yang terdampak bencana.

"Pendistribusian bantuan akan dilakukan secara merata ke sembilan kecamatan di Kota Bengkulu dengan mempertimbangkan tingkat kerawanan masing-masing wilayah terhadap bencana alam," kata dia.

Ia berharap agar usulan tersebut dapat direalisasikan agar risiko kebencanaan di Kota Bengkulu dapat diminimalisasi dan bantuan yang diajukan dapat di respons cepat oleh pemerintah pusat, sehingga situasi kondisi cadangan strategis bisa terpenuhi serta terjaga.

Meskipun demikian, Gita mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menghadapi potensi bencana alam.

BACA JUGA:Presiden: Penggunaan Produk Lokal Kabupaten/Kota Masih 41 Persen

Ia berharap agar bantuan yang diajukan segera dapat terealisasi demi keamanan dan kesejahteraan bersama.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sebanyak 24 daerah di Kota Bengkulu terendam banjir setelah hujan deras yang terjadi sejak Jumat (5/7) hingga Sabtu siang (6/7).(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: