Hobi Mukbang Tteokbokki dan Gagal Diet, Ini Jumlah Kalorinya

Hobi Mukbang Tteokbokki dan Gagal Diet, Ini Jumlah Kalorinya

Sebagai makanan tinggi kalori, kamu dapat menghidangkan tteokbokki yang lebih sehat dengan mengombinasikan sayur mayur di dalamnya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Suka nonton drama Korea atau video mukbang? Kamu pasti sudah tidak asing dengan sajian makanan tteokbokki atau topokki . Makanan bercita rasa pedas ini menjadi salah satu kuliner khas Korea Selatan yang kian populer di Indonesia.

Sayangnya, bagi beberapa artis Korea yang sedang menjalankan program diet, jajanan yang satu ini kerap kali dihindari. Pasalnya, jumlah kalori tteokbokki bisa mengacaukan diet dan menambah berat badan. Lantas, berapa jumlah kalori tteokbokki dan apakah tteokbokki benar-benar tergolong sebagai makanan tinggi kalori? Mari simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA:Jenis Teh Tanpa Kandungan Kafein yang Bisa Anda Konsumsi

Apa itu tteokbokki?

Tteokbokki adalah salah satu makanan atau jajanan berwarna merah kekuning-kuningan khas Korea Selatan. Dengan tekstur yang kenyal dan saus pedas yang sedikit manis dan asam, tteokbokki menjadi makanan favorit yang mudah ditemukan di warung pinggiran jalan Korea. Biasanya, street food yang satu ini dicampur dengan eomuk atau fish cake, dan dimakan bersama dengan makanan lain seperti gorengan maupun sosis darah ala Korea (sundae). 

Di Indonesia, kamu dapat menemukan tteokbokki di restoran Korea atau dengan membeli tteokbokki kemasan instan di mini market. Jika kamu memilih tteokbokki instan, kamu dapat merebus tteokbokki dalam panci dan memberi tambahan makanan lainnya seperti ramen. Sebenarnya, penggemar tteokbokki tidak selalu harus membeli dari restoran ataupun mini market. Kamu bisa ‘kok membuat topokki karena bahan dasar pembuatan topokki tidak susah untuk di cari di pasaran.

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Kandungan dalam tteokbokki

Tteokbokki terbuat dari dua bahan utama yakni kue beras atau tteok yang kenyal dan saus pasta gochujang. Jadi, tekstur kenyal yang kamu rasakan ketika menyantap tteokbokki berasal dari tteok atau kue beras, dan rasa pedas, manis, maupun asam berasal dari saus gochujang.Dari dua bahan utama tersebut, terdapat beberapa kandungan dalam tteokbokki mulai dari vitamin hingga mineral. 

Berikut adalah macam-macam kandungan dalam tteokbokki:

- Karbohidrat
- Fiber
- Gula
- Lemak
- Kalsium
- Zat besi
- Magnesium
- Potassium
- Selenium
- Sodium
- Zinc
- Protein
- Kolesterol
- Air

BACA JUGA:Bukan Pahala yang Didapat, Sholawat Seperti Ini Justru Datangkan Dosa Besar, Gus Baha: Segera Berhenti

Selain beberapa kandungan di atas, topokki ternyata memiliki vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), vitamin B6, B9 (folate), serta vitamin B12 (cobalamin). Lalu, bagaimana dengan kalori yang ada dalam tteokbokki?

Kalori tteokbokki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: