Jenis Teh Tanpa Kandungan Kafein yang Bisa Anda Konsumsi

Jenis Teh Tanpa Kandungan Kafein yang Bisa Anda Konsumsi

sebagian besar jenis teh yang terbuat dari pohon teh atau Camellia Sinensis mengandung kafein.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Teh adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dinikmati oleh jutaan orang setiap hari. Namun, bagi beberapa orang, kandungan kafein dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, insomnia, atau detak jantung yang tidak teratur. Untungnya, ada alternatif Teh tanpa kafein yang bisa Anda nikmati.

Apakah teh mengandung kafein?Ya, sebagian besar jenis teh yang terbuat dari pohon teh atau Camellia Sinensis mengandung kafein. Kandungan kafein dalam teh bervariasi tergantung pada jenis dan cara pembuatannya.  Teh hitam merupakan jenis teh yang mengandung kafein paling tinggi di antara jenis teh lainnya. Kandungan kafein teh hitam sekitar 40 – 70 mg per 240 ml (1 cangkir). Sementara itu, teh hijau mengandung 20 – 45 mg kafein per cangkir.

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Jenis teh tanpa kafeinMeski begitu, untungnya ada alternatif minuman herbal nonkafein yang bisa disajikan sebagai teh, seperti di bawah ini.

1. Teh peppermint

Pada dasarnya, kebanyakan teh yang tidak mengandung kafein berasal dari tanaman herbal dan salah satunya yaitu peppermint.  Teh peppermint merupakan jenis teh herbal yang populer karena bebas kalori dan tanpa kandungan kafein. Artinya, minum teh ini tidak akan membuat Anda terjaga pada malam hari. Terlebih lagi, peppermint memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meredakan sakit kepala. Selain itu, teh ini mengatasi hidung mampet, melancarkan sistem pencernaan, dan mengurangi rasa sakit saat haid. 

2. Teh kamomil

Teh kamomil merupakan salah satu teh yang tidak mengandung kafein. Teh kamomil dibuat dari bunga tanaman kamomil (Matricaria chamomilla atau Chamaemelum nobile).Alih-alih membuat terjaga, teh kamomil justru membuat Anda lebih cepat tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas berkat kandungan apigenin. Jenis antioksidan dalam teh kamomil ini berperan penting dalam mengikat reseptor di otak yang membantu mengurangi rasa cemas dan memicu rasa kantuk. Minum secangkir teh kamomil sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

BACA JUGA:3 Golongan Manusia yang Merugi, Pada Hari Kiamat Tak Diajak Allah Bicara, Sudah Banyak Terjadi Saat Ini 

3. Teh jahe

Dikenal sebagai bahan masakan yang menawarkan segudang manfaat bagi tubuh, jahe ternyata bisa diolah menjadi teh yang bebas kafein. Kandungan zat di dalamnya pun tidak jauh berbeda dengan ketika Anda memasukkannya sebagai bahan masakan. Berkat kandungan vitamin C, magnesium, dan asam amino di dalamnya, minuman ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satu penelitian dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa konsumsi jahe secara rutin bermanfaat untuk mengurangi peradangan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan, dan melancarkan sirkulasi darah. 

4. Teh dandelion

Meski dikenal sebagai rumput liar yang tumbuh di halaman, dandelion ternyata berperan penting dalam dunia kuliner dan obat-obatan herbal. Tak hanya itu, tanaman bunga berwarna kuning ini cukup populer di kalangan pencinta teh karena rasanya yang nikmat. Bukan hanya bisa menikmati rasa teh tanpa khawatir efek samping kafein, minuman ini juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Mengonsumsi jenis teh ini dapat memelihara kesehatan hati, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem imun, dan melancarkan sistem pencernaan.

BACA JUGA:Bukan Pahala yang Didapat, Sholawat Seperti Ini Justru Datangkan Dosa Besar, Gus Baha: Segera Berhenti 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: