Susah Untuk Maju, Inilah 5 Dampak Buruk Terjebak Trauma Terus Menerus

Susah Untuk Maju, Inilah 5  Dampak Buruk Terjebak Trauma Terus Menerus

Trauma bisa meliputi kecemasan yang tinggi, perasaan takut atau depresi, kesulitan tidur, flashbacks (ingatan mendadak tentang kejadian traumatis), dan perubahan perilaku atau kebiasaan.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu gangguan kesehatan mental yang sulit untuk diatasi oleh diri sendiri adalah trauma. Sebenarnya trauma adalah bagian dari hidup yang tak terhindarkan. 

Semua orang pernah pasti pernah mengalami momen traumatis, baik itu kehilangan orang yang dicintai, pengalaman buruk, atau cobaan lainnya. Respon terhadap trauma dapat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. 

Beberapa gejala umum yang terkait dengan trauma meliputi kecemasan yang tinggi, perasaan takut atau depresi, kesulitan tidur, flashbacks (ingatan mendadak tentang kejadian traumatis), dan perubahan perilaku atau kebiasaan.

Bagaimana pun, penting untuk menyadari bahwa terjebak dalam trauma tidak akan membantumu maju. Oleh karena itu, kita harus mengetahui sejumlah alasan mengapa kita harus terlepas dari trauma agar kita tidak  terjebak dalam trauma yang tidak akan membantumu maju. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Merpati Putih, Simak Penjelasannya

Berikut dampak jika terjebak trauma yang perlu kamu ketahui agar dapat mengatasi trauma yang kita alami dengan segera. 

1. Menghambat kreativitasmu

Terjebak dalam trauma juga dapat menghambat kreativitasmu. Ketika kamu terus-menerus terganggu oleh peristiwa traumatis di masa lalu, kamu akan kesulitan untuk meresapi keindahan dunia di sekitarmu. 

Kreativitasmu mungkin tersedot oleh pikiran negatif dan perasaan yang mendalam.Cobalah untuk mengekspresikan dirimu melalui berbagai bentuk seni atau hobi yang kamu nikmati.

Hal ini dapat membantu mengalihkan perhatianmu dari peristiwa traumatis dan memungkinkanmu untuk mengekspresikan perasaanmu dengan cara yang positif. 

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Tamanu Oil untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

2. Membatasi pertumbuhan diri 

Salah satu dampak paling merugikan dari terjebak dalam trauma adalah bahwa itu dapat membatasi pertumbuhan pribadimu. Ketika kamu terlalu fokus pada peristiwa traumatis di masa lalu, kamu tidak akan bisa berkembang sebagai individu. 

Kamu mungkin merasa terjebak dalam keadaan yang sama, tanpa kemajuan atau perubahan yang signifikan dalam hidupmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: