Serapan Anggaran Tahun 2024 Minim, Sekda Mukomuko Tekan OPD untuk Aksi Cepat

Serapan Anggaran Tahun 2024 Minim, Sekda Mukomuko Tekan OPD untuk Aksi Cepat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr Abdiyanto, SH, M.Si, CLA.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPEESS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH, M.Si, CLA, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TPPD), meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan realisasi serapan anggaran tahun 2024. 

Desakan ini datang sebagai upaya mempercepat pembangunan dan menggeliatkan perekonomian di Kabupaten Mukomuko dengan memanfaatkan Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Dalam arahannya, Sekda Abdiyanto menekankan pentingnya percepatan penyaluran fisik dan keuangan bagi kegiatan yang sedang berlangsung. 

"Mohon segera dipercepat penyaluran fisik dan keuangannya. Jangan lagi ada kata menunggu dan menunda-nunda pekerjaan yang sudah ada anggarannya," tegas Sekda, Abdiyanto, ketika dikonfirmasi,pada Minggu (5/7/2024). 

BACA JUGA:Kejari Mukomuko Tingkatkan Penyidikan Kasus Korupsi Proyek Gedung Pengadilan Agama

Abdiyanto menjelaskan bahwa perangkat daerah di Kabupaten Mukomuko harus cermat, tepat, dan cepat dalam menyesuaikan diri dengan perubahan aturan DAK yang dinamis. 

"Itu yang kami harapkan. Jangan sampai OPD terlambat merealisasikan serapan anggaran hanya karena sering berubahnya sebuah sistem. Makanya sebelum aturan berubah, perangkat daerah harus sudah melakukan serapan anggaran dengan cepat," ujarnya.

Menurut Sekda, hingga triwulan II tahun 2024, penyerapan anggaran oleh OPD di Kabupaten Mukomuko masih minim, yaitu sekitar 50 persen, belum mencapai target 56 persen. 

"Untuk itu, pihaknya kembali menekankan agar OPD mempercepat penyerapan anggaran tersebut baik yang memiliki kegiatan fisik maupun non fisik," tambah  Abdiyanto.

BACA JUGA:Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan Anggota BPD di Mukomuko Menuai Pro dan Kontra

Penyerapan anggaran yang optimal sangat penting untuk mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Mukomuko dan menggeliatkan perekonomian masyarakat. 

"Dengan banyaknya perputaran uang yang ada di tengah-tengah masyarakat, diharapkan bisa mempercepat pembangunan daerah untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Mukomuko," kata Sekda.

Abdiyanto berharap seluruh perangkat daerah dapat bersama-sama mempercepat pembangunan daerah. "Mudah-mudahan ini bisa menjadi perhatian bagi perangkat daerah agar ikut bersama-sama mempercepat pembangunan daerah untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Mukomuko," tutupnya. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: