Agar Selamat dari Kebakaran, Amalkan Doa-doa Berikut Ini

Agar Selamat dari Kebakaran, Amalkan Doa-doa Berikut Ini

Doa Agar Selamat dari Musibah Kebakaran-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Di musim kemarau, potensi kebakaran lebih tinggi dibandingkan musim lainnya.

Salah satu contohnya adalah kebakaran hutan di Kalimantan. Oleh karena itu, Rasulullah mengajarkan kita beberapa doa agar selamat dari kebakaran.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini beberapa doa yang bisa kita amalkan agar selamat dari musibah kebakaran.

BACA JUGA:Ingin Mengusir Jin Khodam yang Melekat dalam Tubuh, Ustaz Khalid Basalamah Bagikan Doa dan Amalannya

BACA JUGA:Saat Terjadi Bencana, Amalkan Doa-doa Berikut, Agar Selamat dan Tabah Menghadapinya

1. Doa Pertama

عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ السُّلَمِيِّ هَكَذَا قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَدْمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ وَالْحَرِيقِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا

Artinya:

"Dari Abu al-Aswad al-Sulami, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa: "Allahumma innî a’ûdzu bika minal hadmi, wa a’ûdzu bika minat taraddi, wa a’ûdzu bika minal gharqi wal harîqi, wa a’ûdzu biki an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal mauti, wa a’ûdzu bika an amûta fî sabîlika mudbiran, wa a’ûdzu bika an amûta ladîghan" (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tertimpa reruntuhan. Aku berlindung kepada-Mu dari jatuh dari tempat yang tinggi. Aku berlindung kepada-Mu dari tenggelam dan kebakaran. Aku berlindung kepada-Mu dari bujuk rayu setan ketika (menjelang) kematian (sakaratul maut). Aku berlindung kepada-Mu dari mati di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri. Aku berlindung kepada-Mu dari mati karena sengatan binatang," (HR Imam al-Nasa’i).

BACA JUGA:Dikaruniai Rezeki yang Halal dan Berkah, Amalkan 3 Doa Ini Saat Tengah Bekerja

BACA JUGA:Ingin Memiliki Kekayaan Melimpah Ruah, Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS di Waktu Ini, Agar Mustajab

Doa di atas termasuk dalam kategori doa “isti’âdzah” (memohon perlindungan). Kalimatnya terdiri dari "a’ûdzu bika" yang berarti "aku berlindung kepada-Mu,".

Dari berbagai permohonan perlindungan, "al-harîq" (kebakaran) termasuk di dalamnya. Doa ini memiliki cakupan yang luas; meliputi perlindungan dari tertimpa reruntuhan, bencana longsor, jatuh dari tempat tinggi, tenggelam, dan sebagainya.

Karena itu, doa ini bisa dibaca oleh siapa saja, baik yang hendak melakukan kerja-kerja sosial seperti relawan bencana dan tim penyelamat, maupun para pecinta alam, atlet olahraga, dan peneliti lapangan, agar terhindar dari bencana yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: