Simak 5 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Risiko Penyakit Mematikan

Simak 5 Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Risiko Penyakit Mematikan

Manfaat beras kencur untuk kesehatan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi pecinta jamu, beras kencur menjadi racikan yang tidak boleh dilewatkan karena manfaatnya yang beragam. Jamu beras kencur sudah lama dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Ramuan tradisional ini dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah beberapa penyakit tertentu.

Seperti namanya, jamu beras kencur terbuat kencur yang merupakan tanaman herba dengan aroma dan cita rasa yang pedas. 

Tumbuhan dengan nama latin Kaempferia galanga ini banyak tumbuh di wilayah Asia, seperti Indonesia, Cina, Kamboja, Thailand, dan Malaysia.

BACA JUGA:Orang yang Didampingi Khodam Macan Gunung Semeru, Ini Ciri-cirinya

Kencur masih tergolong kerabat dari jahe dan manfaat kencur sebagai obat telah dikenal secara turun-menurun dari beras dan rimpang kencur yang dihaluskan bersama. 

Memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, berikut adalah beberapa manfaat jamu beras kencur yang bisa Anda rasakan:

1. Penambah Nafsu Makan

Mengonsumsi beras kencur dapat meningkatkan selera makan. Jamu ini juga dapat mengatasi nyeri sendi dan pegal serta meringankan kelelahan. Khasiat kencur terhadap kesehatan ini karena kandungan vitamin B kompleks yang tinggi. 

Konsumsi beras kencur secara rutin akan memberikan manfaat kencur dalam meningkatkan stamina dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Simak 9 Tips Ampuh Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan

2. Antibakteri 

Kencur mengandung sejumlah senyawa yang dapat bekerja sebagai anti bakteri yang dapat membantu mengatasi beberapa keluhan kesehatan. Misalnya, batuk berdahak, diare, hingga jerawat. 

Beberapa riset menemukan adanya kemampuan kencur untuk melawan bakteri Toxocara canis (penyebab toksokariasis) serta efektif melawan tiga spesies bakteri penyebab penyakit sistem saraf pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: