Selain Nikmat dan Mantab! Ini Dia 6 Manfaat Kopi di Dalam Tiap Seruputnya

Selain Nikmat dan Mantab! Ini Dia 6 Manfaat Kopi di Dalam Tiap Seruputnya

Manfaat minum kopi yang bisa diperoleh adalah menambah energi, mengurangi risiko terkena stroke, dan mengatasi sembelit.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat kopi tidak hanya untuk sekedar mengusir kantuk, tetapi juga dapat membantu menjaga berat badan dan memelihara kesehatan tubuh. Ini karena ada banyak kandungan nutrisi dalam kopi yang membawa manfaat kesehatan, seperti kafein, folat, dan riboflavin.

kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang dihaluskan dan cukup populer di kalangan orang dewasa. Rasanya memang pahit, tetapi ada banyak manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan.

BACA JUGA:Waspada! Penderita Asam Urat dan Kolesterol Hindari Makanan dan Minuman Ini

Beragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan
Manfaat kopi bisa diperoleh dari kandungan beragam mineral di dalamnya, seperti kalium, natrium, folat, dan magnesium. Tak hanya itu, kopi juga mengandung antioksidan riboflavin. Berdasarkan kandungan tersebut, berikut adalah beberapa manfaat kopi untuk kesehatan yang bisa diperoleh:

1. Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sebanyak 2 cangkir per hari dapat mencegah  resistensi insulin dan menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Manfaat kopi ini diyakini karena kandungan kafein di dalamnya. Namun, bahwa manfaat kopi tersebut jadi berbeda bila Anda menambahkan susu, gula, krimer, atau pemanis tambahan lainnya saat mengonsumsi kopi. Menambahkan susu dan gula pada kopi akan meningkatkan kalori di dalam minuman ini dan malah dapat menyebabkan obesitas dan diabetes.

BACA JUGA:Manfaat Agar-agar untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Bisa Dianggap Sepele

2. Memelihara kesehatan otak
Minum kopi jugabermanfaat untuk memelihara kesehatan otak. Beberapa penelitian, mengungkapkan bahwa konsumsi kopi mampu mengurangi risiko terjadinya demensia atau pikun. Untuk mejaga kesehatan dan fungsi otak, sebaiknya Anda juga memenuhi supan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur serta rutin berolahraga.

3. Mencegah penyakit Parkinson
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein, termasuk kopi, dapat menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi juga berpotensi membantu penderita Parkinson lebih baik dalam mengontrol gerakan tubuh.

BACA JUGA:PPDB Zonasi, Jarak Terdekat Harus Jadi Patokan Diterimanya Murid Baru

4. Memelihara kesehatan liver
Ada berbagai penyakit yang dapat menyerang organ hati atau liver, seperti hepatitis, perlemakan hati, sirosis, dan kanker hati. Nah, mengonsumsi 2 cangkir kopi sehari bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit tersebut.

5. Menjaga kesehatan jantung
Minum 1–2 cangkir kopi perhari diketahui berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung dan stroke pun dapat menurun. Namun, manfaat kopi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Mempertahankan berat badan ideal
Konsumsi kopi hitam dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan. Ini karena kafein mempercepat metabolisme tubuh sehingga merangsang pemecahan lemak dan melepaskannya ke dalam darah. Dengan begitu, berat badan terjaga.

BACA JUGA:Crosser Binaan Astra Honda Raih Poin Perdana di MXGP Lombok

Selain berbagai manfaat di atas, manfaat minum kopi lain yang bisa diperoleh adalah menambah energi, mengurangi risiko terkena stroke, dan mengatasi sembelit. Manfaat kopi tersebut tentu bisa diperoleh jika Anda meminumnya secara murni atau tidak menambah gula dan pemanis tambahan lainnya.

Meski manfaat kopi beragam, konsumsinya juga dapat menimbulkan efek samping, seperti sulit tidur, dada berdebar, cemas, diare, dan peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, batasi jumlah asupannya dan hindari minum kopi sebelum tidur supaya tidak mengganggu siklus tidur Anda.

BACA JUGA:Ingin Aman dari Penyakit? Jaga Sistem Imun Anda dengan Cara Ini

Bila Anda sedang hamil atau menderita  tekanan darah tinggi, asam lambung, atau gangguan tidur dianjurkan untuk membatasi konsumsi kopi. Bila perlu, konsultasikan kepada dokter terkait takaran konsumsi kopi yang disarankan untuk Anda, supaya manfaat kopi untuk kesehatan bisa diperoleh secara maksimal.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: