Makanan Lebih Beraroma, Ini Dia 10 Jenis Dedaunan Aromatik Kunci Masakan Lebih Lezat

Makanan Lebih Beraroma, Ini Dia 10 Jenis Dedaunan Aromatik Kunci Masakan Lebih Lezat

Dedaunan aromatik untuk sajian -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memasak merupakah kegiatan yang banyak disukai oleh sebagian orang terutama para perempuan. Dalam memasak akan ada banyak bumbu dan rempah yang digunakan sebagai campuran pada aneka sajian yang dimasak. 

Selain menggunakan rempah-rempah seperti, jahe, kunyit, dan lengkuas ada juga dedaunan aromatik yang sering digunakan untuk menambah aroma dan cita rasa makanan. 

Ada beragam jenis dedaunan aromatik yang rempah-rempah merupakan salah satu bahan yang kerap dikombinasikan ke dalam masakan agar cita rasanya semakin kuat. Berikut 10 jenis dedaunan aromatik yang kerap diolah bersama aneka sajian. 

BACA JUGA:Manusia yang Dilindungi Khodam Sulaiman, Ini Ciri-cirinya

1. Daun salam

Dedaunan aromatik pertama yang sering digunakan sebagai campuran bahan masakan adalah daun salam. daun salam merupakan dedaunan yang sangan populer di Indonesia. daun salam kerap dicampur ke dalam aneka sajian berkuah seperti sayur asam, lodeh, opor, hingga rendang. 

Selain harganya yang sangat terjangkau, daun salam akan membuat aroma masakan semakin kuat saat disajikan. Dikenal pula dengan sebutan Indonesian bay leaf, biasanya daun salam akan dijemur terlebih dahulu hingga kering sebelum diolah ke dalam masakan. 

2. Daun ketumbar

Selain daun salam ada pula daun ketumbar yang kerap menjadi bahan campuran masakan di Indonesia. Dikenal pula dengan nama cilantro, daun ketumbar kerap disajikan sebagai hiasan maupun taburan dalam berbagai sajian seperti sup, bubur, atau dicampur ke dalam tumisan. 

Tak hanya itu, daun yang sekilas terlihat menyerupai seledri dan parsley ini merupakan salah satu daun yang kerap digunakan sebagai penambah rasa pada makanan khas Meksiko, salah satunya saus salsa yang segar. 

BACA JUGA:5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami, Mudah dan Murah

3. Daun jeruk

Daun jeruk menjadi salah satu dedaunan aromatik yang hampir selalu ada di aneka sajian masakan Indonesia. Oleh karena itu, daun jeruk biasa dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan. 

Memiliki daun yang cukup tebal, biasanya daun yang berasal dari pohon jeruk purut ini akan dicincang halus atau diremas terlebih dahulu sebelum dicampur ke dalam aneka sajian seperti tumisan, pecel, sambal balado, hingga nasi daun jeruk yang kini sedang populer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: