Jenis Sayuran Ini Ampuh Sebagai Penurun Kolesterol

Jenis Sayuran Ini Ampuh Sebagai Penurun Kolesterol

Untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, ada beberapa cara menurunkan kolesterol yang dapat dilakukan dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi beragam sayuran penurun kolesterol.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, Kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Lemak ini juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Di dalam tubuh, Kolesterol diperlukan untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

BACA JUGA:Perpanjangan Masa Jabatan Kades dan BPD di Mukomuko Tunggu Lampu Hijau dari Kemendagri

Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Kondisi ketika kadar kolesterol terlalu tinggi disebut kolesterol tinggi. kolesterol tinggi paling sering dialami oleh orang dewasa, tetapi juga bisa dialami oleh anak-anak.

Jika tidak ditangani dengan tepat, penumpukan lemak yang diakibatkan tingginya kadar kolesterol dalam darah, dapat pecah dan menyebabkan kondisi yang lebih serius, seperti stroke dan serangan jantung.

Jenis Kolesterol
Pada dasarnya, kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Oleh sebab itu, hati memproduksi zat yang bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Ternyata Daun Kratom Punya Manfaat Istimewa bagi Kesehatan

Ada tiga jenis lipoprotein yang utama, yaitu:
1. Low-density lipoprotein (LDL)
LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Apabila kadarnya terlalu tinggi, LDL akan menumpuk di dinding pembuluh arteri. LDL dikenal sebagai ‘kolesterol jahat’.

2. High-density lipoprotein (HDL)
HDL berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL dikenal sebagai ‘kolesterol baik’.

3. Trigliserida
Lemak jenis ini digunakan sebagai sumber tenaga. Trigliserida terbentuk ketika tubuh mengubah sisa kalori yang tidak terpakai oleh tubuh. Jika tubuh terus mendapat asupan kalori secara berlebihan dibandingkan dengan pemakaiannya, kadar trigliserida akan naik.

BACA JUGA:Daftar Makanan Ini Bagus untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal

Ada beberapa jenis sayuran penurun kolesterol yang baik dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi. Namun, tidak hanya bagi penderita kolesterol tinggi, sayuran ini juga baik dikonsumsi oleh orang dengan kolesterol normal guna mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Kolesterol adalah jenis lemak yang penting untuk metabolisme tubuh, termasuk produksi hormon, cairan empedu, dan vitamin D. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh berisiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Bila dibiarkan, kondisi ini bisa memicu penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Berbagai Macam Sayuran Penurun Kolesterol
Untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, ada beberapa cara menurunkan kolesterol yang dapat dilakukan dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi beragam sayuran penurun kolesterol. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

BACA JUGA:Begini Prosedur Nefrostomi dan Cara Perawatannya

1. Tomat
Selain diklaim dapat melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Hal ini karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat.Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen sebanyak 25 mg setiap harinya, dapat menurunkan kolesterol jahat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menambahkan tomat ke salad, sandwich, atau berbagai macam masakan.

2. Bayam
Hampir semua sayuran memang dapat mengendalikan kolesterol. Namun, jenis sayuran hijau, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini berkat kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang berperan penting dalam mencegah kerusakan sel atau jaringan tubuh akibat radikal bebas.

BACA JUGA:Benarkah Obat Herbal Ampuh untuk Mengatasi Hernia

3. Bawang putih
Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai studi menyatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat berkat kandungan senyawa aktif di dalamnya. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

4. Terong
Salah satu manfaat terong adalah menurunkan kolesterol jahat. Terong kaya akan antioksidan dan pektin, yaitu serat larut penurun kolesterol. Tak hanya itu, konsumsi sayur penurun kolesterol ini juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan gula darah.

BACA JUGA:Tahukah Kamu Mencampur Minuman Energi dengan Susu Punya Dampak Buruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: