4 Pantangan Hemodialisis yang Patut Diketahui Pasien Cuci Darah

4 Pantangan Hemodialisis yang Patut Diketahui Pasien Cuci Darah

Hemodialisis atau cuci darah adalah prosedur yang bertujuan untuk membantu ginjal dalam membersihkan darah dari zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pantangan hemodialisis dapat berupa konsumsi makanan atau minuman tertentu. Makanan atau minuman tersebut perlu dihindari agar kerja ginjal menjadi ringan sekaligus mencegah terjadinya komplikasi di kemudian hari.

hemodialisis atau cuci darah adalah prosedur yang bertujuan untuk membantu ginjal dalam membersihkan darah dari zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Meski demikian, prosedur ini tidak bekerja seoptimal ginjal yang sehat, sehingga beberapa zat sisa maupun cairan mungkin masih menumpuk di tubuh. Oleh karena itu, pasien hemodialisis perlu membatasi asupan cairan dan makanan tertentu sebagai pantangan hemodialisis demi kesehatan yang lebih baik.

BACA JUGA:Daftar Makanan Ini Bagus untuk Memperbaiki Fungsi Ginjal

Beberapa Pantangan Hemodialisis
Dokter mungkin akan meminta pasien untuk membatasi jenis makanan tertentu selama masih menjalani prosedur cuci darah. Berikut ini adalah beberapa hal atau jenis makanan tertentu yang perlu dibatasi saat menjalani hemodialisis:

1. Minum banyak cairan
Ginjal yang sudah menurun fungsinya tidak dapat membuang semua cairan yang dikonsumsi dengan sempurna sehingga menyebabkan kelebihan cairan dalam tubuh. Kondisi ini akhirnya membebani kerja jantung dan paru-paru. Oleh karena itu, untuk meminimalkan kelebihan cairan, dokter atau ahli gizi akan memberikan takaran berapa banyak cairan yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Ini  termasuk cairan yang diperoleh dari aneka jenis makanan, seperti kari, sup, puding, atau es krim.

BACA JUGA:Begini Prosedur Nefrostomi dan Cara Perawatannya

Untuk mengurangi cairan di dalam tubuh, Anda dianjurkan untuk:
- Menghindari makanan asin
- Mengurangi rasa haus dengan makan permen bebas gula atau anggur beku
- Memantau jumlah cairan yang dikonsumsi menggunakan tempat minum khusus

2. Makanan tinggi fosfor
Pantangan hemodialisis berikutnya adalah membatasi konsumsi makanan tinggi fosfor, seperti daging merah, ikan, susu dan produk olahannya, sereal, kentang, brokoli, roti, minuman cokelat, soda, bir, dan wine. Konsumsi makanan tersebut perlu dibatasi karena fungsi ginjal sudah tidak optimal, sehingga fosfor rentan untuk menumpuk di darah.

Ketika fosfor ini menumpuk, Anda rentan untuk alami kulit gatal, kerusakan tulang, dan pengerasan pembuluh darah. Seiring waktu, kadar fosfor yang tinggi ini bisa menyebabkan pasien hemodialisis berisiko terkena serangan jantung, stroke, dan kematian.

BACA JUGA:Benarkah Obat Herbal Ampuh untuk Mengatasi Hernia

3. Makanan yang mengandung kalium
Makan terlalu banyak kalium ketika ginjal sedang sakit dapat membuat otot menjadi lemah dan memengaruhi detak jantung, bahkan mungkin menyebabkan serangan jantung.  Oleh karena itu, baatsilah makanan yang memiliki kandungan kalium tinggi, seperti alpukat, jeruk, pisang, kelapa, delima, melon, mangga, tomat, kurma, ubi, sereal, kacang-kacangan, jamur, bayam, kopi, cokelat, dan kentang.
 
4. Makanan tinggi garam
Pantangan hemodialisis terakhir adalah garam (sodium). Terlalu banyak garam dalam tubuh dapat menyebabkan sejumlah masalah, seperti pembengkakan, tekanan darah tinggi, sesak napas, dan penumpukan cairan di sekitar jantung dan paru-paru. Untuk itu, hindarilah makanan-makanan yang tinggi garam, seperti mie instan, makanan kaleng, keju, daging olahan, dan kerupuk.

BACA JUGA:Daun Afrika Berkhasiat untuk Kesehatan Hati

Sebaliknya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti daging ayam, ikan, telur, dan kacang kedelai. Gunanya untuk mengganti asupan protein yang terbuang ketika proses cuci darah berlangsung.

Bila Anda akan atau sedang menjalani proses hemodialisis, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terkait pantangan hemodialisis dan pola makan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Ini dilakukan supaya hemodialisis bisa berjalan dengan lancar.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: