Memiliki Aroma Khas, Inilah 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Memiliki Aroma Khas, Inilah 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Manfaat jengkol untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu dengan jengkol? Ya, bahan makanan yang sering sekali di masak oleh masyarakat Indonesia ini memiliki rasa dan aroma yang khas. 

Meski tidak disukai oleh sebagian orang, tahukah kamu ternyata jengkol memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat jengkol yang harus diketahui? Yuk, simak dan cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini. 

Jengkol merupakan sayuran buah yang dapat dikonsumsi secara mentah maupun diolah menjadi beragam santapan lezat, seperti jengkol balado, semur jengkol, atau jengkol goreng.

Jengkol mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti protein, lemak, serat, fosfor, kalsium, natrium, dan vitamin C.

BACA JUGA:Cara Mengobati Gagal Ginjal Secara Alami, dr Zaidul Akbar: Cukup Gunakan 5 Bahan Ini

Selain itu, jengkol juga mengandung senyawa fenolik yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi. Dengan berbagai nutrisi yang dimilikinya ada beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan yang bisa diperoleh, yaitu:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Mengandung vitamin C membuat jengkol menjadi salah satu sayuran buah yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C mampu mendorong produksi sel darah putih dan meningkatkan fungsinya, sehingga tubuh dapat terlindung dari infeksi.

2. Melancarkan buang air besar

Manfaat lain yang dimiliki jengkol adalah dapat melancarkan buang air besar. Konsumsi jengkol yang sudah matang dipercaya dapat mengatasi sembelit atau konstipasi. 

Manfaat jengkol ini diperoleh dari kandungan air dan serat di dalamnya yang mampu melunakkan tinja. Dengan begitu, buang air besar pun menjadi lebih lancar.

BACA JUGA:Cara Membuang Lendir di Tenggorokan dan Dada dr Zaidul Akbar Sarankan Gunakan Rempah-rempah Ini

3. Mencegah hipertensi 

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, jengkol termasuk dalam makanan yang cocok untuk dimasukkan ke dalam menu sehari-hari. Kandungan kalium dalam jengkol dinilai baik untuk mengendalikan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: