Sembuhkan Secara Mandiri, 5 Cara Menghilangkan Trauma yang Berkepanjangan

Sembuhkan Secara Mandiri, 5 Cara Menghilangkan Trauma yang Berkepanjangan

Cara menghilangkan trauma yang berkepanjangan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika Anda merupakan salah satu orang yang tengah mengalami trauma yang berkepanjangan, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan trauma tersebut. 

Menghilangkan trauma bukan perkara yang mudah, pasalnya trauma yang dibiarkan berkepanjangan bisa mengganggu kesehatan mental orang yang mengalaminya. 

Memang tidak mudah untuk menghilangkan trauma sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba. Meski mengalami peristiwa yang sama, setiap orang bisa memberikan respons yang berbeda. 

Ada yang bisa pulih dalam hitungan hari, tapi ada juga yang rentan mengalami trauma. Selain menjalani perawatan bersama penyedia layanan kesehatan profesional, Anda bisa melakukan berbagai cara berikut untuk menghilangkan trauma. Berikut cara menghilangkan trauma yang dapat kamu lakukan. 

BACA JUGA:5 Petanda Manusia yang Dilindungi Khodam Macan Kumbang

1. Terima perasaan yang muncul

Saat mengalami truauma biasanya kita akan enggan dan sulit menerima perasaan yang hadir.

Marah, merasa bersalah, sedih, dan gelisah merupakan bentuk emosi yang kerap muncul ketika Anda mengingat kembali peristiwa traumatis di masa lalu.

Ketika Anda merasakan emosi tersebut, jangan berusaha melawannya. Sebaliknya, terimalah perasaan tersebut karena itu merupakan hal yang wajar.

Meredam emosi negatif justru bisa menyebabkan trauma berkepanjangan. Sebaliknya, menerima perasaan tersebut merupakan bagian dari healing atau upaya penyembuhan diri.

BACA JUGA:Berdasarkan Hadist Nabi SAW, Berikut 10 Penyebab Wanita Mendominasi Penghuni Neraka

2. Jangan terlalu sering menyendiri

Trauma merupakan suatu peristiwa yang membuat perasaan dan hati kita terluka untuk waktu yang lama. Sebagian orang mungkin akan memilih menyendiri untuk mengobati truma yang dialami. 

Perlu Anda ingat menyendiri saat dilanda emosi negatif tentu merupakan hal yang wajar. Namun, jika dilakukan terlalu lama, kebiasaan menyendiri justru bisa memperburuk kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: