Simak 8 Cara Alami Mengeluarkan Dahak yang Susah Keluar dari Tenggorokan

Simak 8 Cara Alami Mengeluarkan Dahak yang Susah Keluar dari Tenggorokan

Ilustrasi - Minum air hangat adalah salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan -Pinterest -

Perbanyaklah konsumsi cairan hangat ketika mengalami batuk berdahak. Minuman hangat, seperti air putih hangat, sup kaldu, dan teh dapat membantu mengencerkan dahak sekaligus memberi sensasi melegakan.

Selain itu, berkumur dengan air garam hangat selama beberapa kali juga bisa membantu melarutkan dahak yang menggumpal di sekitar tenggorokan.

4. Mengonsumsi jahe

Selain sebagai rempah dasar masakan, jahe memang kerap digunakan sebagai obat alternatif yang ampuh mengatasi beberapa gangguan kesehatan, termasuk perut kembung dan mual.

BACA JUGA:Tanggal Lahir Kesayangan Khodam Nyi Blorong, Ini Kelebihannya

Cara mengeluarkan dahak dengan menggunakan jahe bisa dilakukan dengan menambahkan potongan jahe ke dalam minuman hangat seperti teh, susu, atau air hangat. 

5. Mencampurkan madu ke dalam teh

Tak hanya rasanya yang enak, mengonsumsi madu juga bisa menjadi cara untuk mengeluarkan dahak berlebih di dalam tenggorokan.

Madu terbukti efektif menyembuhkan gejala batuk dan radang tenggorokan yang dialami anak-anak jika dikonsumsi secara rutin. Madu juga membantu penyembuhan radang dan menghilangkan dahak.

Jika dahak sangat mengganggu, Anda dapat mencoba mencampurkan madu ke dalam teh hangat. Campurkan juga perasan lemon agar rasanya lebih segar.

BACA JUGA:Tanggal Lahir Yang Didampingi Khodam Sejak Lahir, Simak Selengkapnya

Namun, jangan berikan madu sebagai obat pengencer dahak pada anak di bawah usia satu tahun. Ini bisa membuat anak berisiko mengalami botulisme.

6. Membuat teh daun mint

Rasa daun mint yang kuat bisa membuat tenggorokan Anda lebih lega. Menurut studi dalam jurnal Thorax, daun mint mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak serta mencairkan dahak yang menggumpal.

Untuk memanfaatkan daun mint sebagai obat pengencer dahak alami, Anda bisa memasukkannya ke dalam teh hangat dan minumlah ketika dahak terasa mengganjal dalam tenggorokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: