Simak 8 Cara Alami Mengeluarkan Dahak yang Susah Keluar dari Tenggorokan

Simak 8 Cara Alami Mengeluarkan Dahak yang Susah Keluar dari Tenggorokan

Ilustrasi - Minum air hangat adalah salah satu cara alami untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Batuk berdahak menjadi salah satu masalah kesehatan yang dapat menggangu aktivitas dan membuat orang sekitar tidak nyaman. 

Selain itu, dahak yang menumpuk juga dapat menimbulkan rasa mengganjal dan mengganggu pernapasan. Oleh karena itu, batuk berdahak tidak bisa dibiarkan bergitu saja dan harus di atasi segera. 

Bicara soal mengatasi batuk berdahak, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak. Nah, jika Anda sering merasa terganggu dengan tenggorokan yang berdahak, Anda bisa mencoba berbagai cara berikut untuk mengeluarkan dahak berlebih dikutip dari laman hellosehat.com.

1. Batuk dengan teknik tertentu

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan teknik batuk. Belum banyak yang mengetahui jika batuk bisa dilakukan dengan teknik tertentu

BACA JUGA:Tips Tetap Aman dan Sehat Berolahraga di Lingkungan Berpolusi Udara

Terdapat dua teknik batuk yang bisa Anda coba, yakni batuk dalam dan batuk kencang. Untuk melakukan batuk dalam, duduklah pada kursi dengan posisi kaki menyentuh lantai. Lipat tangan di depan tubuh hingga menekan perut dan tariklah napas dalam-dalam.

Dalam posisi tubuh terikat tangan dan perut tertekan, batuklah dengan kencang sampai Anda bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Untuk melakukan batuk kencang, awali dengan menarik napas dalam-dalam hingga terasa memenuhi paru-paru.

2. Bernapas dalam-dalam

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan bernafas dengan benar. Selain teknik batuk, teknik pernapasan juga bisa membantu Anda mengeluarkan dahak dengan efektif.

Caranya dengan menghirup udara lebih dalam hingga paru-paru terasa mengembang. Setelahnya, embuskan kembali napas hingga paru-paru Anda kembali mengempis.

BACA JUGA:Tanggal Lahir Yang Didampingi Khodam Sejak Lahir, Simak Selengkapnya

Teknik pernapasan ini membantu membersihkan paru-paru dari lendir yang menghalangi pergerakan udara di dalam saluran pernapasan.

3. Minum minuman hangat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: