Rontgen RSUD Mukomuko Selesai Diperbaiki, Layanan Tertunda Akibat Kendala Daya Listrik

Rontgen RSUD Mukomuko Selesai Diperbaiki, Layanan Tertunda Akibat Kendala Daya Listrik

Direktur RSUD Mukomuko, Syafriadi Taher, S.KM, M.Kes.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Warga Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sempat merasa lega ketika mendengar bahwa mesin rontgen di RSUD Mukomuko telah selesai diperbaiki dua hari lalu. 

Namun, harapan mereka kembali tertunda karena keterbatasan daya listrik dari PLN Mukomuko yang tidak mencukupi untuk mengoperasikan alat medis vital tersebut. Meski alat sudah siap, layanan rontgen belum bisa maksimal, menunggu tambahan daya listrik dari PLN.

Direktur RSUD Mukomuko, Syafriadi Taher, S.KM, M.Kes, menjelaskan bahwa pihaknya telah mengajukan penambahan daya ke PLN. 

"Kita sudah bersurat kepada pihak PLN terkait penambahan daya. Karena untuk mengoperasikan rontgen itu butuh daya listrik yang besar. Sudah kita coba sebelumnya, paling kuat untuk merontgen dua orang pasien. Setelah itu tiba-tiba listrik mati dan tidak mau hidup lagi," ujarnya saat dikonfirmasi Selasa, 25 Juni 2024.

Selama penambahan daya listrik dari PLN Mukomuko belum terealisasi, RSUD Mukomuko terpaksa mengandalkan mesin genset untuk mengoperasikan rontgen. 

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Fasilitasi Ribuan Buruh Kelapa Sawit dengan BPJS Ketenagakerjaan

Namun, mengoperasikan genset memerlukan dana yang cukup besar untuk membeli bahan bakar minyak (BBM), sementara kondisi keuangan RSUD Mukomuko masih belum stabil. Untuk mengatasi keterbatasan ini, RSUD Mukomuko menjalankan sistem kolektif bagi pasien yang akan dirontgen. 

"Pasien yang akan dirontgen, kita kumpulkan dulu. Setelah terkumpul, baru kita hidupkan mesin gensetnya. Ini juga agar petugas tidak bolak-balik menghidupkan mesin genset. Dengan cara ini kami bisa memberikan pelayanan rontgen bagi pasien di RSUD Mukomuko," jelas Syafriadi.

Syafriadi juga meminta maaf kepada masyarakat atas keterlambatan pelayanan rontgen di daerah ini. 

"Hal ini dilakukan karena tidak kuatnya daya listrik yang ada di RSUD Mukomuko. Kami meyakinkan, jika nanti pihak PLN sudah menambah daya listrik, kapanpun pasien akan dirontgen, akan langsung dilayani karena tidak lagi mengandalkan mesin genset," tambahnya.

BACA JUGA:Damkar Mukomuko Buka Rekruitmen Petugas Penyelamatan Khusus, Tugasnya Evakuasi Hewan Berbahaya

"Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini sudah ada penambahan daya listrik di RSUD Mukomuko, agar kami bisa maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkas Syafriadi.

Dengan adanya penambahan daya listrik yang diharapkan segera terealisasi, RSUD Mukomuko akan mampu memberikan pelayanan rontgen yang lebih baik dan responsif kepada masyarakat. Harapan besar tergantung pada penambahan daya listrik ini untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di daerah tersebut. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: