Tips Menggunakan Makeup Mata dengan Aman Tanpa Iritasi

Tips Menggunakan Makeup Mata dengan Aman Tanpa Iritasi

Penggunaan make up mata bisa membuat penampilan seseorang terlihat semakin segar. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Make up sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan wanita, baik untuk penampilan sehari-hari maupun untuk acara tertentu. Make up adalah seni untuk mempercantik diri, sehingga membuat penampilan kita semakin menarik dan percaya diri.

Make up merupakan sebuah seni mempercantik diri melalui penggunaan berbagai kosmetik, seperti foundation, bedak, lipstik, maskara, eyeliner, dan masih banyak lagi. Kegunaan Make up sendiri dapat beragam mulai dari menutupi flek hitam, noda bekas jerawat, hingga membuat wajah terlihat lebih segar dan bercahaya. Tidak hanya itu, Make up juga dapat membantu menonjolkan kecantikan alami kita, sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Meskipun terlihat sangat sederhana, namun ternyata Make up memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui sebelum kita menggunakannya.

BACA JUGA:Komunitas Bengkulu Rindu Islam Gelar Aksi Bela Palestina

Penggunaan make up mata bisa membuat penampilan seseorang terlihat semakin segar. Namun, penggunaan dan kebersihannya tak boleh luput dari perhatian, lho. Alih-alih mempercantik diri, make up mata yang dilakukan dengan tidak tepat bisa menimbulkan gangguan pada mata.

Ada banyak jenis make up yang bisa digunakan pada mata, seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara. Sama seperti alat make up lainnya, alat make up mata juga rentan terkontaminasi bakteri. Jika penggunaan dan kebersihannya tidak terjaga dengan baik, berisiko menimbulkan bintitan dan iritasi pada mata.

BACA JUGA:Ini Dia Serba Serbi Dokter Bedah Plastik yang Perlu Kamu Tahu

Cara Aman Menggunakan Make Up Mata
Supaya terhindar dari iritasi mata akibat penggunaan make up, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa
Sebelum membeli atau memakai riasan di mata, perhatikan dulu tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Penggunaan make up yang kedaluwarsa berisiko tinggi memicu iritasi. Umumnya, maskara hanya boleh digunakan 2–4 bulan setelah dibuka. Sedangkan, penggunaan eyeliner sebaiknya digunakan paling lambat 3 bulan, khususnya eyeliner dengan bentuk cair atau gel.

2. Hindari berbagi penggunaan dengan orang lain
Jangan sungkan untuk menolak meminjamkan riasan alat make up, termasuk yang digunakan di area mata, seperti eyelash magnet, dengan orang lain. Berbagi make up dengan orang lain meningkatkan risiko perpindahan kuman dan bakteri.Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati ketika mencoba tester riasan mata di toko kosmetik. Pastikan kamu menggunakan aplikator sekali pakai, ya.

BACA JUGA:Sering Dianggap Sepele, Berikut 9 Dosa Suami Kepada Istri

3. Cuci tangan sebelum menggunakan makeup
Sebelum menggunakan riasan mata, pastikan kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini penting guna mencegah berpindahnya bakteri dari tangan ke mata. Selain itu, jangan lupa juga membersihkan brush untuk make up mata secara rutin.

4. Bersihkan mata dengan cara yang tepat
Mungkin akan terasa sayang jika make up mata yang cantik dihapus, ya? Namun, kamu tidak boleh berlama-lama menggunakan riasan mata atau bahkan membawanya sampai tidur. Sebelum tidur, bersihkan make up mata menggunakan make up remover berbahan dasar air, seperti micellar water. Caranya, tuangkan micellar water pada kapas, lalu bersihkan dengan cara menekan kapas pada mata selama 5–10 detik dan usapkan secara perlahan.

BACA JUGA:Inilah Keistimewaan Membaca Sholawat, Gus Iqdam: Salah Satunya Dinaikkan Derajat

Pastikan seluruh make up di mata benar-benar terangkat, ya. Kemudian, cuci wajah kamu dengan sabun wajah dan lanjutkan dengan penggunaan skin care sebelum tidur. Setelah mengetahui tips menggunakan make up mata, yuk mulai terapkan dari sekarang. Terlebih jika kamu adalah seorang yang diharuskan menggunakan riasan mata, cara di atas penting dilakukan supaya terhindar dari masalah pada mata.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: