Kaya Akan Serat dan Nutrisi, Inilah 8 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Kaya Akan Serat dan Nutrisi, Inilah 8 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Manfaat buah plum untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buah plum mengandung sejumlah manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Plum termasuk ke dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup Buah persik dan Buah aprikot. 

Bermacam-macam zat gizi yang ada dalam buah plum memiliki manfaatnya masing-masing. Plum mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, mangan, fosfor, dan tembaga.

Selain kaya akan serat, plum juga kaya akan antioksidan, seperti antosianin dan fenol. Kandungan-kandungan inilah yang membuat buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan:

BACA JUGA:4 Manfaat Getah Buah Tin untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah plum yang paling dikenal adalah kemampuannya mencegah sembelit. Serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir.

Sementara itu, serat plum yang tidak larut bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya.

Bakteri baik akan memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

2. Buah plum menurunkan berat badan

Anda mungkin pernah melihat buah plum yang dikemas sebagai suplemen pembantu turun berat badan. Memang, buah ungu tua yang rasanya masam ini mengandung banyak serat dan indeks glikemik rendah.

Padatnya serat buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Plum juga mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan lambat dalam tubuh.

BACA JUGA:Memelihara Tulang dan Persendian, Inilah 7 Manfaat Sumsum Tulang Sapi Untuk Kesehatan

3. Menurunkan kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: