Tips Merawat Burung Puyuh Lomba, Agar Rajin Berkicau

Tips Merawat Burung Puyuh Lomba, Agar Rajin Berkicau

Cara merawat burung puyuh untuk lomba-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Jenis burung kicauan yang dilombakan sangat beragam, termasuk Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Kenari, Lovebird, dan masih banyak lagi. 

Namun, tahukah Anda bahwa burung Puyuh juga bisa dipelihara dan dilombakan dalam acara burung kicauan? Minat terhadap burung Puyuh ternyata semakin meningkat.

Hal ini dapat dilihat dari munculnya beberapa lomba burung Puyuh di berbagai daerah. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus agar burung Puyuh lebih rajin bunyi saat lomba. Perawatan burung Puyuh lomba harus dilakukan dengan sangat baik.

BACA JUGA:Tips Agar Burung Puyuh Tetap Sehat dan Produksi Optimal

BACA JUGA:Tips Memulai Ternak Burung Puyuh Agar Telur Melimpah

Seperti yang kita ketahui, burung Puyuh sebenarnya bukan jenis burung kicauan. Mereka lebih sering dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya, sehingga jarang ada yang mengikutsertakan burung Puyuh dalam lomba, apalagi untuk kontes suara.

Namun, belakangan ini, lomba burung Puyuh menjadi viral setelah seseorang memposting acara lomba burung Puyuh di akun Facebook. Setelah itu, banyak orang yang tertarik dan mulai membuka gantangan sendiri serta mengadakan lomba kicauan untuk burung Puyuh.

Perlu Anda ketahui, burung Puyuh yang dilombakan memerlukan perawatan yang berbeda dengan burung Puyuh yang digunakan untuk ternak. Ini karena burung lomba dinilai berdasarkan suaranya, bukan telur atau dagingnya.

Sebelum melakukan perawatan burung Puyuh lomba, pilihlah burung Puyuh dengan kriteria yang sesuai untuk lomba. Umumnya, burung Puyuh yang digunakan untuk lomba adalah yang berjenis kelamin jantan. 

Burung jantan biasanya lebih rajin berbunyi dengan durasi yang cukup panjang, memiliki mental fighter, serta tidak demam panggung.

BACA JUGA:Waspada, Kenali 5 Risiko Ternak Burung Puyuh Rumahan

BACA JUGA:Kurangi Risiko Prematur! Manfaat Luar Biasa Telur Puyuh Untuk Ibu Hamil

Ciri-Ciri Burung Puyuh Jantan untuk Lomba:

- Tidak Memiliki Corak Bercak di Dada:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: