Simak 6 Tips yang Wajib Kamu Ketahui Saat Memelihara Kelinci Agar Tidak Stres dan Mudah Mati

Simak 6 Tips yang Wajib Kamu Ketahui Saat Memelihara Kelinci Agar Tidak Stres dan Mudah Mati

Tips memelihara kelinci agar tidak stres dan mudah mati -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu hewan yang saat ini banyak diminati untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kelinci. Tak seperti hewan peliharaan pada umumnya seperti kucing dan anjing, memelihara kelinci membutuhkan perawatan ekstrak karena kelinci mudah stres dan cepat mati. 

Oleh karena itu, jika ingin menjadi pemilik kelinci, maka sangat penting memahami kebutuhan dan perilakunya karena kelinci memerlukan perhatian khusus agar bisa hidup dengan sehat dan bahagia. 

Pasalnya, kurangnya pengetahuan bisa meningkatkan risiko terhadap kesehatan kelinci, bahkan bisa menyebakan kelinci mati. 

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin memelihara kelinci agar bisa memberikan perawatan yang optimal, mencegah risiko kesehatan, serta memastikan kelinci tetap hidup dengan bahagia sehingga kelinci mudah mati. 

Berikut adalah tips memelihara kelinci yang baik dan benar agar sehat.

BACA JUGA:Fakta tentang Gurah! yang Dipercaya untuk Mengobati Gangguan Sinus

1. Siapkan kandang yang Aman dan Bersih

Tips pertama yang harus kamu terapkan adalah siapkan kandang yang aman dan bersih. Hal ini dikarenakan sangat penting untuk memastikan bahwa kamu telah menyiapkan tempat yang aman dan bersih untuk mereka tinggali. 

Kelinci sangat memerlukan ruang yang memadai untuk bergerak dan menjalani aktivitas sehari-hari. Kandang kelinci yang dipilih sebaiknya cukup besar, memberi mereka ruang untuk melompat dan menjelajah. 

Tak hanya itu, menjaga kebersihan kandang adalah langkah penting dalam memelihara kelinci dengan baik. Bersihkan kandang secara teratur, gunakan bedding atau alas kandang yang mudah dicuci dan diganti secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran dan meminimalkan risiko penyakit. 

BACA JUGA:Intip 7 Kebiasaan Aneh yang Sering Dilakukan Orang Cerdas, No.7 Di luar Nalar

2. Pemberian Makanan yang tepat

Tips selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah pakan dan nutrisi yang tepat untuk kelinsi Asupan nutrisi yang tepat harus kamu perhatikan karena hal yang satu ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kelinci. Pilihan makanan kelinci yang bisa kamu berikan di antaranya adalah pelet dan rumput segar.

Namun, kamu dapat memberikan nutrisi tambahan dari beberapa sayuran seperti bayam, kol hijau, daun lobak, daun ketumbar, sawi, selada air, serta seledri. Berikan juga asupan air yang cukup di dalam kandangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: