Ini Dia 8 Tips Untuk Mengatasi dan Menghilangkan Stres Saat Kerja Secara Efektif

Ini Dia 8 Tips Untuk Mengatasi dan Menghilangkan Stres Saat Kerja Secara Efektif

Ilustrasi - Tips Mengatasi dan menghilangkan stress saat kerja -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Stres bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah pekerjaan. Stres berkaitan dengan pekerjaan yang mengakibatkan kelelahan fisik atau emosional. 

Munculnya stres kerja biasanya disebabkan oleh atasan yang kurang bisa memberikan dukungan, beban atau waktu kerja yang berlebihan, rekan kerja yang suka merundung (bully) atau tidak suportif, serta melakukan kekerasan fisik di lingkungan kerja.

Selain berdampak pada kondisi fisik seseorang, stres kerja juga menyebabkan disosiasi kepribadian. Sehingga Anda perlu mengetahui cara mengatasi stres kerja yang tepat.

Tips mengatasi stres kerja bisa dilakukan agar kondisi fisik dan mental Anda tidak terganggu sekaligus meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Pasalnya, stres karena pekerjaan bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. 

Berbagai tips mengatasi stres kerja bisa Anda lakukan guna terhindar dari dampak buruk yang bisa terjadi akibat stres berkepanjangan. Agar stres tidak hadir terus-menerus dan membuat Anda lupa bahagia, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi stres kerja yang bisa dilakukan:

BACA JUGA:6 Makanan Ini Peningkat Libido yang Patut Dicoba

1. Mencoba bekerja dengan seimbang

Salah satu penyebab stres kerja adalah pekerjaan yang tidak seimbang. Bekerja dengan seimbang dapat membantu Anda bebas dari stres. Luangkan waktu bersama dengan teman dan keluarga.

Selain itu, mengenali sampai mana batas kemampuan Anda dalam menanggung beban pekerjaan penting diketahui untuk mengurangi stres dalam pekerjaan. 

Dengan begitu, Anda juga dapat memperhitungkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan beban kerja. Selain itu, Anda dapat terhindar dari rasa lelah berlebihan. 

2. Istirahat yang cukup

Cara mengatasi stres kerja berikutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Tidak cukup tidur bisa mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Buatlah jadwal tidur yang sehat. 

Setiap hari, cobalah untuk tidur tujuh sampai sembilan jam. Beban atau target pekerjaan tidak jarang membuat Anda menjadi stres. 

BACA JUGA:Ampuh Mengatasi Asma Secara Alami, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ramuan Herbal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: