Ketahui 6 Tips Melindungi Data Pribadi Dari Serangan Siber Secara Mandiri

Ketahui 6 Tips Melindungi Data Pribadi Dari Serangan Siber Secara Mandiri

Tips melindungi data pribadi secara mandiri -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Media sosial sudah menjadi bagian dari hidup sehari-hari untuk memperluas pergaulan. Namun tanpa kita sadari, kita mungkin kurang memikirkan keamanan data diri. 

Dirangkum dari berbagai sumber, isu keamanan data pribadi semakin krusial di tengah maraknya kejahatan siber.

Kejahatan siber dapat berdampak sangat merugikan mulai dari pemalsuan identitas, pencurian dan jual-beli data ilegal, pembobolan akun media sosial atau dompet digital, serta penipuan daring.

Untuk melindungi masyarakat, ITSEC Asia sebagai salah satu perusahaan layanan keamanan informasi terbesar di Asia Pasifik memberikan sejumlah tips yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mengamankan data pribadinya secara mandiri dari serangan siber, berikut diantaranya 

1. Bedakan alamat email untuk media sosial dan perbankan

Masih banyak masyarakat yang menggunakan satu alamat email untuk semua kebutuhan mulai dari layanan perbankan, transaksi, media sosial, subscription, dan lainnya.

Hal ini akan sangat bahaya bagi data pribadi masing-masing karena saat email tersebut diserang, semua informasi yang ada di dalamnya bisa rentan dicuri.

BACA JUGA:Inilah Penyebab dan Cara Efektif Mengatasi Gambar Foto Tidak Terkirim Pada WhatsApp

Tips amankan data pribadi yang pertama saat main media sosial adalah dengan membedakan antara alamat email yang satu dan lainnya.

Singkatnya, gunakan alamat email untuk tujuannya masing-masing, misalnya menggunakan alamat email yang berbeda antara kebutuhan transaksi dan media sosial.

2. Mengganti password email dan aplikasi secara berkala

Sebagian masyarakat pasti sudah memahami bahwa mengganti password secara berkala dapat mencegah serangan siber dilakukan dengan mudah. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak melakukannya. 

Walaupun terkesan simpel, mengganti password secara berkala merupakan salah satu cara paling ampun dalam menjaga data pribadi agar tidak mudah dicuri.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Ini Dia SD Card Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: