Berkah Pesohor

Berkah Pesohor

\"A\"BENGKULU, BE-Popularitas Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH beberapa hari terakhir melambung. Ini lantaran ia menghiasi berbagai media dan  infotainment nasional dan lokal karena menjadi pengacara artis kelas baru, DJ Verny yang berpekara dengan selebriti papan atas, Denny Sumargo.

Usin mendapat berkah popularitas pesohor dari pekerjaannya sebagai advokat. Ia diketahui bakal menjadi caleg Hanura untuk DPRD Provinsi Bengkulu Dapil BU-Benteng. Keterkenalan yang diperoleh tersebut, dapat memberi kemudahan bagi Usin ketika bertarung dalam Pemilu 2014 mendatang. Hal ini dilihat pakar politik Unib, Lamhir Syam Sinaga.

\"Kita bisa melihat ini dari sisi politik, menjadi strategi untuk meningkatkan popularitas. Itu biasa dilakukan mereka yang termasuk di dalam kelas politik baru. Yaitu artis, pengacara, pengamat politik dan aktifis,\" kata Lamhir.

Namun demikian, menurut Lamhir, dengan melambungnya popularitas politisi akibat terdompleng dengan ketenaran pesohor itu, tidak otomatis akan meningkatkan elektabilitas (kecenderungan pemilih akan memilih) politisi bersangkutan. Namun, untuk meraih elektabilitas, katanya, harus diawali dengan popularitas. \"Popularitas itu sebagai modal awal. Selanjutnya, mesti disusul dengan langkah menyusun jaringan agar terbangun kecenderungan orang untuk memilih,\"  katanya teoritis.

Sementara itu, ketika diminta komentarnya, Usin mengaku tak merencanakan pekerjaannya sebagai pengacara yang membela DJ Verny itu untuk mendongkrak popularitas dirinya, demi memudahkan upayanya berjuang mendapat kursi DPRD Provinsi. Bahkan Usin merasa dengan kerapnya ia muncul di layar kaca tak begitu membuat dirinya bertambah dikenal calon pemilihnya di BU dan Benteng.

\"Tidak ada hubungannya dengan pencalegan. Tapi itu konsekwensi pekerjaan, kemudian diliput media, kemudian lagi orang tahu kita profesional membela  klien, lalu dari situ orang melihat kita layak menerima mandat masyarakat menjadi wakil rakyat, itu baik,\" katanya diplomatis.

Sementara itu, teori politik memang menyebut setiap nafas politisi merupakan strategi politik. Tak berlebihan, jika Usin menjadi pengacara artis itu sebagai bagian strategi politiknya untuk melaju ke Pemilu 2014. Informasi terhimpun, kemarin seluruh pengurus DPD Hanura Provinsi menyusun strategi bersama dan dengan mengumpulkan pengurus semua Dewan Pengurus Cabang (DPC) se-Provinsi Bengkulu di sekretariat Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hanura, Sabtu, kemarin.

\"Kami melaksanakan rapat konsultasi tingkat daerah membahas organisasi, keanggotaan dan kekaderan. Selain itu juga membahas pemenangan pemilu,\" kata Ketua DPD Hanura, Muslihan DS. (400)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: