Simak Kumpulan dan Bacaan Doa Hari Arafah dari Nabi SAW dan Para Ulama

Simak Kumpulan dan Bacaan Doa Hari Arafah dari Nabi SAW dan Para Ulama

Ilustrasi - Kumpulan doa di hari Arafah -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang hari raya Idul Adha, ada beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan oleh umat muslim agar memdapatkan pahala yang berlimpah. Salah satunya adalah dengan berpuasa dan berdoa di hari Arafah. 

Bicara mengenai amalan berdoa di hari Arafah, Rasulullah SAW menjelaskan dalam salah satu sabdanya bahwa doa yang paling utama (afdhalud du’a) adalah doa pada hari Arafah. 

Oleh karena itu, bagi seluruh muslim, baik yang menunaikan haji maupun tidak, sebaiknya memperbanyak doa pada hari Arafah. Hal ini sebagaimana diriwayatkan sebuah hadis dalam Sunan at-Tirmidzi yang menjelaskan bahwa Rasul SAW menyebutkan secara khusus bahwa doa hari Arafah adalah doa yang terbaik.

Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ الدُّعاءِ دُعاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ، وخَيْرُ ما قُلْتُ أنا والنَّبِيُّونَ مِن قَبْلِي: لاَ إلَهَ إلاَّ اللَّهُ وحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ ولَهُ الحَمْدُ وهُوَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.

Artinya,

“Doa terbaik adalah doa pada hari Arafah. Sedangkan doa terbaik yang aku dan para nabi terdahulu panjatkan adalah laa ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir.”

BACA JUGA:Kenapa Kurban Kambing Lebih Utama Dibandingkan Sapi, Ini Alasan Gus Baha

Hari Arafah adalah hari ke sembilan dari bulan Dzulhijjah. Nama Arafah diambil dari bahasa Arab yang berarti mengetahui. Hari Arafah berkaitan dengan kisah mimpi Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan untuk menyembelih putranya, Ismail AS. Pada hari Arafah inilah Nabi Ibrahim benar-benar yakin bahwa mimpinya memang dari Allah SWT.

Doa Hari Arafah dari Nabi Muhammad SAW

Nah, berdasarkan doa dari hadis di atas, doa terbaik yang dipanjatkan Rasulullah SAW dan para nabi terdahulu, khususnya doa hari Arafah adalah sebagai berikut yang dilansir dari laman ilam.co:

Doa Pertama 

لاَ إلَهَ إلاَّ اللَّهُ وحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ ولَهُ الحَمْدُ وهُوَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

laa ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: