Dijamin Berhasil! Begini Cara Menebalkan Bulu Mata yang Ampuh

Dijamin Berhasil! Begini Cara Menebalkan Bulu Mata yang Ampuh

Ada banyak pilihan cara menebalkan bulu mata yang bisa ditempuh--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada banyak cara menebalkan bulu mata, mulai dari perawatan alami hingga penggunaan obat penebal bulu mata. Namun, penting untuk memperhatikan keamanan perawatan tersebut agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal dan iritasi mata terhindarkan.

bulu mata memiliki peranan penting dalam melindungi mata dari kotoran. Selain itu, bulu mata juga berfungsi sebagai sensor yang memperingatkan mata terhadap potensi bahaya saat ada benda yang mendekat.

BACA JUGA:Punya Keringat Berlebih, Kenali Jenis dan Penanganannya

Tidak hanya itu, bulu mata juga dapat memengaruhi tampilan wajah. Hal ini membuat sebagian orang mengidamkan bulu mata yang tebal dan lentik. Bila Anda termasuk pemilik bulu mata yang tipis, tidak perlu risau dan minder, ya. Ada banyak pilihan cara menebalkan bulu mata yang bisa ditempuh.

Berbagai Cara Menebalkan Bulu mata
Berikut ini adalah berbagai cara menebalkan bulu mata yang bisa Anda lakukan:

1. Minyak kelapa
Salah satu cara menebalkan bulu mata adalah dengan minyak kelapa, baik dalam bentuk serum maupun minyak kelapa murni. Minyak kelapa telah terbukti aman digunakan dan memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan bulu mata. Manfaat yang diperoleh pun tidak jauh berbeda pada penggunaan minyak kelapa di rambut. Ini karena kandungan asam laurat yang ada di dalamnya mudah diserap oleh batang rambut, termasuk bulu mata.

Hal ini membuat kelembapan bulu mata menjadi lebih terjaga dan melindungi bulu mata dari kerusakan atau kerontokan akibat paparan zat kimia dari pembersih wajah atau make up remover. Dengan demikian, bulu mata akan tampak lebih tebal.

BACA JUGA:Rahasia Wanita agar Terlihat Memesona Meski Sedang Hamil

2. Minyak jarak
Minyak jarak murni atau minyak kastor juga dapat melebatkan bulu mata. Minyak yang berasal dari pohon jarak ini memiliki kandungan asam risinoleat sebesar 90%. Meski penelitian mengenai khasiat asam risinoleat terhadap kerontokan rambut masih terbatas, minyak jarak telah banyak digunakan dan dikatakan bermanfaat untuk menumbuhkan bulu mata yang lebih tebal.

Khasiat ini diyakini dapat diperoleh dari kemampuan minyak kastor dalam melembapkan kulit tanpa menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori atau kelenjar di sekitar bulu mata. Kondisi kulit yang lembap dan sehat bisa mendukung pertumbuhan bulu mata yang lebih lebat. Sebelum Anda membeli minyak jarak, pastikan bahwa itu adalah minyak jarak murni. Pasalnya, minyak jarak yang telah dicampur dengan minyak atau bahan lain bisa menyebabkan iritasi dan tidak memberikan hasil yang optimal.

BACA JUGA:Tarik Parkir di Alfamart, Polresta Bengkulu Tegaskan Pungli

3. Minyak zaitun
Tidak hanya digunakan untuk pertumbuhan rambut kepala, minyak zaitun juga dipercaya bisa menebalkan dan menumbuhkan bulu mata. Manfaat minyak zaitun untuk wanita ini diperoleh berkat kandungan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat, yang memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antimikroba.

Asam lemak ini diketahui bisa membuat bulu mata menjadi lebih halus, mendukung fungsi folikel yang sehat, dan memperkuat bulu mata sehingga bulu mata bisa lebih cepat tumbuh dan tidak mudah rontok. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait manfaat minyak zaitun dalam menebalkan bulu mata.

Cara Mengaplikasikan Minyak untuk menebalkan bulu mata
Waktu terbaik untuk melakukan perawatan bulu mata dengan minyak-minyak di atas adalah sebelum tidur. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam penggunaan minyak untuk menebalkan bulu mata:

BACA JUGA:Astra Motor Bengkulu Mengadakan Edukasi Safety Riding Dalam Rangka HUT Himika Dehasen

- Pastikan bulu mata bersih dan bebas dari riasan.
- Celupkan kuas atau kapas secara perlahan dan sedikit-sedikit ke dalam wadah berisi minyak.
- Oleskan minyak dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata, seperti memakai maskara.
- Berhati-hatilah agar minyak tidak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika tidak sengaja masuk ke dalam mata, segera cuci dengan air.
- Gunakan kapas untuk menghilangkan minyak berlebih dari bulu mata atau kulit.
- Basuh minyak di pagi hari dengan air.
- Lakukanlah perawatan ini setiap hari.

Siklus pertumbuhan bulu mata umumnya adalah 30–60 hari. Artinya, Anda bisa melihat hasil dari perawatan bulu mata ini dalam waktu sekitar 2–4 bulan.

Sehari sebelum melakukan perawatan bulu mata, Anda dianjurkan untuk mengoleskan minyak ke kulit tangan terlebih dahulu. Selanjutnya, diamkan selama beberapa jam. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, seperti gatal, kemerahan, atau bersisik, Anda bisa mengoleskannya ke bulu mata.

BACA JUGA:Pj Walikota Bengkulu Cabut Perwal BPHTB Nomor 43 Tahun 2019

Selain ketiga minyak di atas, ada obat medis yang bisa digunakan untuk membuat bulu mata lebih tebal dan panjang, yaitu bimatoprost. Namun, penggunaan bimatoprost dalam BPOM masih ditujukan sebagai obat tetes mata resep untuk mengobati glaukoma, belum untuk bulu mata.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: