Ketahui Penyebab dan 5 Efektif Cara Mengatasi Chicken Skin Pada Ketiak

Ketahui Penyebab dan 5 Efektif Cara Mengatasi Chicken Skin Pada Ketiak

Chiken skin merupakan salah satu permasalahan kulit ketiak yang sering kali membuat seseorang kurang percaya diri-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Chiken skin merupakan salah satu permasalahan kulit ketiak yang sering kali membuat seseorang kurang percaya diri. Selain itu, tampilan ketiak yang kurang mulus bisa membuat Anda kurang percaya diri ketika menggunakan baju tanpa lengan. 

Salah satu kondisi yang sering dikeluhkan adalah kulit ketiak bersisik seperti kulit ayam (chicken skin). Penyebab chicken skin di ketiak bisa diatasi dengan perawatan sederhana.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggatasi chiken skin. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui sejumlah penyebab chiken skin 

Chicken skin di ketiak adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kulit ketiak yang penuh dengan benjolan kecil bersisik. Secara medis, kondisi ini disebut dengan keratosis pilaris.

BACA JUGA:Begini Tips Melakukan Yoga untuk Pemula

Disebut sebagai kulit ayam karena tampilan ketiak serupa dengan permukaan kulit ayam yang sudah dicabuti bulu-bulunya. Bila Anda sentuh, area kulit sekitar benjolan akan terasa kasar dan kering. 

Kulit ketiak yang tampak seperti kulit ayam disebabkan oleh ekstra keratin yang menumpuk dan menyumbat folikel, kantong tempat tumbuhnya bulu ketiak. Adanya kelebihan keratin menghalangi pembukaan folikel rambut. 

Akibatnya, muncul bercak kulit kasar, bergelombang, dan benjolan kecil. Keratin sendiri merupakan protein keras yang melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi. 

Nah, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada sejumlah cara menghilangkan chicken skin. Berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Umat Muslim Perlu Tahu, Berikut Orang-orang yang Wajib Kurban, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

1. Lakukan eksfoliasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mekakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi tubuh bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. 

Anda bisa memilih menggunakan loofah, buff puff, atau waslap kasar untuk perawatan ini. Pilih juga eksfoliator berbahan kimia ringan jika Anda memiliki kulit kering atau kulit sensitif agar tidak iritasi.

Saat melakukan eksfoliasi sebaiknya Anda menghindari menggosok terlalu kencang karena cenderung mengiritasi kulit dan memperburuk chicken skin di ketiak. Sebaiknya, usap kulit pelan-pelan saat melakukan eksfoliasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: