Dinas Pertanian Mukomuko Intensif Periksa Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Dinas Pertanian Mukomuko Intensif Periksa Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko saat melakukan pemeriksaan hewan ternak milik warga menjelang Idul Adha.-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang perayaan Idul Adha 2024, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko mengambil langkah proaktif dengan mengintensifkan pemeriksaan hewan ternak.

Langkah ini bertujuan memastikan bahwa hewan kurban yang dijual di wilayah ini benar-benar layak dan memenuhi syarat untuk dikurbankan, demi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriyani Ilyas, S.Pt, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengerahkan 40 petugas medis dari empat Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Tim ini terdiri dari dokter hewan dan paramedis yang tersebar di kecamatan Ipuh, Penarik, Kota Mukomuko, dan Air Manjunto.

"Tim kami sudah mulai turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan hewan. Dengan ini, kami memastikan hewan ternak warga benar-benar layak untuk dijadikan hewan kurban," kata Fitriyani.

BACA JUGA:Dinkes Mukomuko Intensif Pantau Kualitas Air Minum Isi Ulang untuk Jamin Keamanan Konsumsi

Pemeriksaan kelayakan hewan kurban dilakukan dalam lima tahap: pemeriksaan di kandang hewan ternak, pemantauan di pasar hewan, pengecekan di lapak-lapak penjual hewan, pemeriksaan kesehatan hewan di masjid, dan pengecekan daging setelah pemotongan. 

"Kami juga mengimbau masyarakat yang hendak berkurban untuk berhati-hati dalam memilih hewan kurban. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk memastikan hewan tersebut layak," tambahnya.

Beberapa syarat tersebut antara lain: hidung hewan harus lembab atau berair, mata cerah atau bening, kaki tidak bengkok, kulit tidak rontok saat diusap, dan alat kelamin sehat jika hewan tersebut jantan. Jika hewan kurban betina, bagian belakang ekor harus dalam kondisi bersih.

"Jika kotor, dikhawatirkan hewan tersebut sedang mencret atau terkena penyakit,” jelas Fitriyani.

BACA JUGA:Pemkab Mukomuko Tambah Kuota Pupuk Subsidi untuk Musim Tanam II

Untuk memastikan kondisi hewan tersebut sehat, setiap petugas akan memberikan surat pernyataan kelayakan hewan kurban di masing-masing kandang peternak maupun lapak penjual.

"Tujuan kami adalah agar masyarakat tahu kondisi hewan tersebut. Pemeriksaan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban adalah agenda tahunan kami di Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko," pungkasnya.

Dengan pemeriksaan ketat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko berharap dapat menjaga kesehatan masyarakat dan menjamin bahwa hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha mendatang dalam kondisi terbaik. (end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: