Simak 5 Cara Efektif Mengatasi Asam Urat yang Tinggi, Mudah dan Sederhana

Simak 5 Cara Efektif Mengatasi Asam Urat yang Tinggi, Mudah dan Sederhana

Cara untuk mengatasi asam urat-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang rentan terjadi pada sebagian orang. Hal ini tentu akan berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi asam urat yang tinggi. Anda bisa menyimak artikel ini untuk mendapatkan informasi mengenai cara yang efektif mengatasi asam urat yang tinggi. Yuk, simak ulasannya bersama.

Asam urat atau gout merupakan kondisi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh, terutama pada sendi-sendi tertentu seperti jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Asam urat adalah hasil limbah alami yang dihasilkan tubuh saat mencerna makanan yang mengandung purin. Purin sendiri adalah senyawa alami yang biasanya diproses oleh tubuh dan dibuang melalui urine.

Namun, ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkannya terlalu sedikit, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan nyeri pada sendi.

BACA JUGA:Agar Tulang Tak Mudah Keropos, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Menguatkan Tulang

Penyebab asam urat primer terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan cukup efisien. Sedangkan penyakit asam urat sekunder disebabkan oleh kondisi medis atau pola makan yang memicu peningkatan produksi asam urat atau pengeluaran yang tidak efektif.

Dirangkum dari sejumlah sumber, ada beberapa cara untuk mengatasi asam urat, dimulai dari pengobatan secara  menggunakan bahan-bahan alami atau pengobatan medis, berikut diantaranya.

1. Meminum air rebusan daun salam

Cara menyembuhkan asam urat tanpa obat lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan daun salam. Manfaat daun salam sendiri dalam mengatasi asam urat berasal dari beberapa kandungan antioksidan di dalamnya, yaitu flavonoid dan etanol, yang dapat mengurangi kadar asam urat di dalam darah.

Cara mengolah daun salam untuk dikonsumsi pun tidak jauh berbeda dengan daun jelatang. Anda hanya perlu merebusnya dengan air mendidih dan meminum air rebusannya secara rutin.

BACA JUGA:Diperkaya Kandungan Vitamin C Terbaik, Inilah 7 Manfaat Air Lemon bagi Kesehatan

2. Perbanyak minum air putih

Sebaiknya minum air putih minimal delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Memperbanyak minum air termasuk sebagai salah satu cara menurunkan asam urat yang efektif, meski tidak secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: