Ketahui 7 Penyebab yang Mempengaruhi Siklus dan Durasi Haid

Ketahui 7 Penyebab yang Mempengaruhi Siklus dan Durasi Haid

Beberapa kondisi yang memengaruhi siklus dan durasi haid-Pinterest -

Akibatnya, siklus dan durasi haid terganggu. Stres juga dapat mempengaruhi kenaikan dan penurunan berat badan secara signifikan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami siklus haid yang tidak biasa dengan sebelumnya, kamu bisa lebih memperhatikan dan mengatur pola pikir agar tidak terlalu stres. 

3. Penggunaan KB hormonal

Alat kontrasepsi yang mengandung hormon, seperti pil, suntik, implan, dan IUD bisa membuat durasi haid lebih singkat dari sebelumnya. 

Hormon di dalam alat kontrasepsi dapat menipiskan lapisan dinding rahim sehingga darah haid yang keluar sedikit dan tidak berlangsung lama. Jadi, haid 3 hari masih tergolong normal bila menggunakan tipe KB hormonal.

BACA JUGA:Habis Makan Ngantuk, Ternyata Ini Penyebabnya!

4. Perimenopause

Memasuki usia 30–40 tahun, seorang wanita umumnya akan mengalami peralihan menuju masa menopause. Periode ini disebut perimenopause. Pada masa perimenopause, hormon estrogen mudah naik dan turun sehingga dapat mengganggu siklus dan durasi haid. 

Haid 3 hari termasuk normal pada masa perimenopause. Umumnya, periode ini akan disertai dengan sensasi gerah mendadak (hot flashes), perubahan suasana hati, sulit tidur, hingga penurunan gairah seksual. 

5. Pendarahan implantasi

Ada kalanya, seorang wanita tidak menyadari jika dirinya hamil. Ketika sel telur yang berhasil dibuahi menempel ke dinding rahim, bisa terjadi pendarahan. Kondisi ini disebut pendarahan implantasi, yang berlangsung 1–2 hari dan sering dianggap sebagai darah menstruasi. 

Namun, pendarahan implantasi menunjukkan gejala khas berupa darah yang sedikit atau flek, serta berwarna merah muda atau cokelat. Kondisi ini juga disertai kram perut ringan atau tidak ada kram sama sekali.  

BACA JUGA:Beragam Manfaat Air Mineral yang Tidak Dimiliki Air Putih

6. Keguguran

Keluar darah dari vagina akibat keguguran juga sering dianggap sebagai durasi haid yang lebih singkat dari biasanya. Untuk menentukan haid 3 hari apakah normal atau terjadi karena keguguran, perhatikan tanda khasnya. Bila disebabkan oleh keguguran, perdarahan disertai kram perut, serta nyeri pada punggung dan panggul. 

Supaya bisa mendeteksi haid 3 hari apakah normal, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mencatat jadwal menstruasi. Catat tanggal kapan menstruasi mulai dan berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: