Menjelang Hari Raya Idul Adha, Simak 5 Cara Memilih Hewan Kurban Sesuai Sunah

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Simak 5 Cara Memilih Hewan Kurban Sesuai Sunah

Cara memilih hewan kurban Idul Adha sesuai sunah-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang hari raya Idul Adha, umat Muslim mulai berbondong-bondong mencari hewan kurban. Sudah diketahui sebelumnya jika Idul Adha merupakan momen untuk merenungkan pengorbanan yang dilakukan Nabi Ibrahim. Ia diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan anaknya.

Idul Adha juga merupakan momentum yang tepat untuk memupuk rasa empati dengan cara berbagi kepada sesama serta bertujuan menghindari sifat tamak, serakah, dan egois.

Untuk memastikan hewan kurban yang dipilih sehat dan sesuai dengan syariat, penting untuk melakukan persiapan yang matang. Berikut cara memilih hewan kurban Idul Adha sesuai sunah, dikutip dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

BACA JUGA:Hati-hati! Kurang Serat Bisa Mendatangkan Penyakit

Pemilihan Lokasi Pembelian Hewan Kurban

Salah satu hal terpenting jika ingin membeli hewan kurban dalah lokasi pembelihan ternak baik itu unta, domba, sapi, kerbau ataupun kambing. Pemilihan tempat Anda membeli hewan kurban, menjadi hal yang juga tak kalah penting. 

Selain itu, hal yang wajib diperhatikan adalah jangan membeli hewan kurban yang di ternak di tempat pembuangan sampah. Hewan yang dijual di lokasi seperti ini, berpotensi hewan mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang nanti akan mengonsumsinya.

Pilihlah hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, karena berpengaruh pada tingkat stres yang akan dialami oleh hewan yang berimbas pada kesehatan tubuhnya.

BACA JUGA:Walaupun Bau! Jangan Anggap Sepele Khasiat Makan Bawang Putih Mentah

Pastikan Hewan Ternak

Cara kedua yang harus diperhatikan dalam membeli hewan urban adalah hewan yang dikurbankan adalah hewan ternak. Umat muslim diperintahkan untuk mengkurbankan hewan ternak. 

Hewan ternak yang diperbolehkan adalah unta, kambing, domba, sapi, kerbau. Tentunya semua hewan ini sudah memenuhi ketentuan sebagai hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan.

Umur Hewan Kurban

Hal ketiga yang harus diperhatikan dalam memilih hewan kurban aalah umur. Umur hewan yang dikurbankan penting karena hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: