Sejak Jaman Dulu, Jamur Lingzhi Berkhasiat untuk Pengobatan

Sejak Jaman Dulu, Jamur Lingzhi Berkhasiat untuk Pengobatan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah komponen pada jamur lingzhi memiliki efek antipenuaan. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat jamur lingzhi atau jamur reishi telah tercatat sebagai obat tradisional di negara-negara Asia sejak 2.000 tahun lalu. Spesies jamur yang tercatat sebagai jamur herbal tertua di dunia ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

jamur lingzhi memiliki ciri khas berwarna cokelat keunguan, bertangkai panjang, dan berbentuk seperti kipas. jamur yang dapat tumbuh di daerah panas dan lembap ini berasal dari kawasan Tiongkok, Jepang, dan Amerika Utara yang juga dibudidayakan di kawasan Asia.

BACA JUGA:Buat Orangtua, Ini Dia 6 Manfaat Tomat untuk Anak yang Sayang untuk Dilewatkan

Jamur lingzhi digambarkan sebagai jamur yang sulit dimasak, berstruktur keras, dan terasa pahit. Meski begitu, manfaat jamur lingzhi, khususnya untuk kesehatan cukup beragam. Hal ini berkat sifat antikanker, antiradang, sampai antioksidan yang dimilikinya.

Berbagai Manfaat Jamur Lingzhi
Jamur lingzhi mengandung karbohidrat, lemak, serat, protein, dan mineral. Jamur yang bernama Latin Ganoderma lucidum ini juga mengandung molekul bioaktif polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid. Dengan beragam kandungan di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan yang bisa didapatkan:

1. Mencegah penyakit kanker
Jamur lingzhi kaya akan asam lemak, asam amino, alkaloid, steroid, enzim, triterpenoid, dan polisakarida. Triterpenoid dan polisakarida adalah senyawa yang berkontribusi pada sifat antikanker jamur lingzhi. Sejumlah uji penelitian klinis menemukan bahwa banyak sel kanker yang mati berkat jamur ini. Penelitian lain menunjukkan bahwa jamur lingzhi dapat menurunkan jumlah dan ukuran tumor di usus besar, serta mencegah kanker kolorektal dan kanker prostat.

BACA JUGA:Selain Penawar Racun! Ini Manfaat Charcoal untuk Kesehatan Tubuh

Menurut penelitian lain, senyawa bioaktif yang disebut polifenol dan flavonoid pada jamur ini juga dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada melanoma dan kanker payudara. Meski tampak menjanjikan untuk pencegahan dan pengobatan banyak jenis kanker, masih perlu banyak uji klinis lebih lanjut untuk memastikan manfaat jamur Lingzhi sebagai bagian terapi pengobatan kanker.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jamur Lingzhi mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Manfaat tersebut diyakini berasal dari senyawa yang bersifat antioksidan dan antiradang, salah satunya polifenol. Dengan begitu, kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga.

3. Menurunkan kadar gula darah
Senyawa polifenol yang bersifat antiradang dalam jamur Lingzhi mampu menurunkan kadar gula darah, memperbaiki resistensi insulin, bahkan mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat jamur Lingzhi untuk penderita diabetes.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Dibalik Kelezatan Salad Buah

4. Mengontrol tekanan darah
Manfaat jamur lingzhi selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Pasalnya, jamur ini mengandung molekul polisakarida yang mampu mengontrol tekanan darah dengan cara menghambat enzim yang menyempitkan pembuluh darah, sehingga mencegah tekanan darah meningkat.  Selain itu, kandungan antioksidan dan antiradang berupa polifenol di dalamnya juga ikut berperan dalam mengontrol tekanan darah.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat jamur lingzhi lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam satu penelitian disebutkan jika senyawa dalam jamur lingzhi dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih untuk melawan infeksi dan penyakit.

6. Melawan depresi dan kelelahan
Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, mengonsumsi jamur lingzhi juga mampu meredakan depresi dan kelelahan. Selain itu, mengonsumsi jamur ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit tertentu.

BACA JUGA:Zucchini, Buah Hijau yang Bermanfaat untuk Kontrol Gula Darah

7. Mencegah penuaan dini
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sejumlah komponen pada jamur lingzhi memiliki efek antipenuaan. Komponen tersebut adalah polisakarida, triterpen, peptida, dan peptida polisakarida. Senyawa antioksidan yang terkandung pada jamur ini juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari dampak radikal bebas.

8. Memelihara fungsi hati
Manfaat jamur lingzhi selanjutnya adalah memelihara fungsi hati. Hal ini diperoleh berkat senyawa polifenol di dalamnya yang bersifat antioksidan. Meski begitu, Anda disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi jamur lingzhi.

Alih-alih mendapatkan manfaat guna memelihara fungsi hati, jamur lingzhi justru dapat merusak hati bila dikonsumsi berlebihan. Namun, batas jumlah konsumsinya berbeda-beda, tergantung pada usia hingga kondisi kesehatan Anda. Pasalnya, belum ada standar pasti jumlah aman untuk mengonsumsi jamur lingzhi.

BACA JUGA:Bandit Pecah Kaca Gasak Rp 5 Juta di Mukomuko Saat Sholat Jumat

Perlu diperhatikan bahwa orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti antikoagulan atau antiplatelet, disarankan untuk menghindari konsumsi jamur lingzhi. Pasalnya, jamur ini bisa menyebabkan darah menjadi makin encer dan meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: