Harus Diwaspadai, Simak 5 Tanda Tubuh Kelebihan Kolagen

Harus Diwaspadai, Simak 5 Tanda Tubuh Kelebihan Kolagen

Kolagen merupakan jenis protein alami berserat dan tak larut yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh-Pinterest -

Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi suplemen kolagen dalam jumlah yang wajar dan telah direkomendasikan. Kemudian, sesuaikan juga jumlah asupan kolagen dengan massa tubuh.

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

4. Adanya Gangguan Pencernaan

Tanda selanjutnya yang umum dirasakan adalah gangguan pencernaan, seperti diare, perut kembung, kram perut, dan sembelit. Namun jangan khawatir karena efek asupan kolagen yang berlebihan ini berangsur-angsur akan mereda dengan sendirinya. 

Meski begitu, Anda juga dapat mengurangi efek tersebut dengan banyak minum minuman air putih dan mengkonsumsi makanan tinggi serat secukupnya.

5. Nyeri sendi 

Nyeri sendi diikuti kesulitan menelan, dan kulit mengencang, kaku pada jari, pembengkakan, dan nyeri di ulu hati, bisa menjadi tanda-tanda tubuh kelebihan kolagen. 

Kondisi itu semua adalah bentuk dari gejala penyakit autoimun, yang disebut skleroderma sistemik. Penyakit autoimun itu merupakan akumulasi dari produksi kolagen yang tidak terbatas.

BACA JUGA:Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Minyak Kemiri bagi Kulit

Itulah tanda-tanda tubuh yang kelebihan kolagen. Kolagen memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, akan lebih baik jika kolagen di konsumsi sesuai kebutuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: