Harus Diwaspadai, Simak 5 Tanda Tubuh Kelebihan Kolagen

Harus Diwaspadai, Simak 5 Tanda Tubuh Kelebihan Kolagen

Kolagen merupakan jenis protein alami berserat dan tak larut yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini sebagian orang mengkonsumsi suplemen kolagen untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka mengetahui jika terlalu banyak asupan kolagen dalam tubuh justru dapat membahayakan kesehatan.

Kolagen merupakan jenis protein alami berserat dan tak larut yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh. Pada dasarnya tubuh dapat memproduksi kolagen secara alami.

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dapat menurun. Oleh karena itu, perlu mengetahui apa saja tanda tubuh kelebihan kolagen agar efek buruknya dapat dihindari. Simak apa saja tanda-tanda tubuh kelebihan kolagen, berikut ini:

1. Timbul Reaksi Alergi

Salah satu tanda-tanda jika kita mengalami kelebihan kolagen adalah timbulnya reaksi alergi pada tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika kolagen kerap menimbulkan reaksi alergi, terutama pada seseorang yang sensitif terhadap hidangan laut.

Adapun reaksi alergi yang dapat muncul adalah seperti gatal-gatal, eksim, sakit kepala, hingga mengi dan sesak napas

BACA JUGA:Simak 5 Bahaya Konsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan

2. Nafsu Makan Berkurang

Tanda selanjutnya yang bisa dirasakan jika kelebihan kolagen adalag nafsu makan yang berkurang. Oleh karena itu, seseorang yang sedang menjalankan program diet mengkonsumsi suplemen kolagen untuk menekan rasa lapar.

Ketika nafsu makan berkurang, maka tubuh kehilangan keinginan untuk makan, padahal tubuh membutuhkannya. Hal ini tentunya dapat menyebabkan seseorang kekurangan gizi dan memicu penyakit yang kompleks dan membahayakan tubuh.

BACA JUGA:Benarkah Stres Bisa Menyebabkan Kucing Demam? Simak Penyebab Kucing Alami Demam

3. Peningkatan Massa Otot 

Banyak yang mengonsumsi kolagen tidak menyadari jika kebelihan kolagen dalam tubuh dapat meninggkatkan masa otot. Kolagen merupakan protein yang dapat berfungsi untuk meningkatkan massa otot. 

Namun, jika mengkonsumsi kolagen dalam jumlah yang besar namun tidak diimbangi dengan rolahraga, maka tubuh akan mengalami kelebihan berat badan yang berujung pada kondisi obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: