Khasiat Daun Pohpohan Ampuh Tangani Risiko Kanker

Khasiat Daun Pohpohan Ampuh Tangani Risiko Kanker

Daun pohpohan mengandung nutrisi yang bersifat sebagai imunomodulator dan antioksidan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daun pohpohan merupakan sayuran asli Indonesia yang berbentuk bulat lonjong dengan tepi daun yang bergerigi. Sayuran ini memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari mencegah karies gigi hingga menurunkan risiko terkena kanker. Daun pohpohan umumnya dikonsumsi dalam keadaan segar sebagai lalapan. Selain karena rasanya yang lezat, sayuran segar memang dikenal memiliki kandungan vitamin dan serat lebih banyak dibandingkan dengan sayuran yang diolah.

BACA JUGA:Pilihan Sumber Karbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi

Daun Pohpohan dan Manfaatnya
Daun pohpohan mengandung ragam vitamin dan mineral, protein, karbohidrat, serat, serta senyawa tanaman, seperti flavonoid dan fenolik. Berkat nutrisi di dalamnya, daun pohpohan memberikan manfaat berikut ini:

1. Mencegah karies gigi
Karies gigi disebabkan oleh bakteri porphyromonas gingivalis. Mengonsumsi daun pohpohan bisa membantu mencegah karies gigi karena di dalamnya mengandung senyawa aktif yang bersifat antibakteri. Untuk mengoptimalkan manfaat yang satu ini, konsumsilah daun pohpohan secara langsung tanpa dimasak.

2. Melawan radikal bebas
Daun pohpohan merupakan sumber antioksidan yang baik. Nutrisi ini berperan dalam mencegah dan memperbaiki sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti sinar UV, asap rokok, dan asap kendaraan.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Susu Murni Beserta Efek Sampingnya

3. Mengurangi risiko diabetes
Daun pohpohan bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Hal ini berkat kandungan flavonoid yang mampu mencegah kerusakan oksidatif dan menjaga fungsi pankreas tetap sehat dalam mengatur kadar gula darah. Selain itu itu, flavonoid juga dapat menghambat kerja enzim glikogen fosforilase, yaitu enzim yang berperan dalam memecah glikogen menjadi glukosa dalam hati. Dengan begitu, kadar gula darah tubuh akan lebih terkontrol dan risiko terkena diabetes dapat menurun.

4. Mencegah osteoporosis
Kalsium adalah mineral utama yang diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Daun pohpohan mengandung kalsium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan mineral ini, sehingga mengurangi risiko terkena osteoporosis.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Kandungan serat di dalam daun pohpohan bisa membantu mencegah sembelit dan menjaga sistem pencernaan secara keseluruhan. Serat juga berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus dan memaksimalkan kerja usus dalam menyerap nutrisi dari makanan.

BACA JUGA:Passion Flower Ampuh untuk Atasi Kesehatan Mental

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Daun pohpohan mengandung nutrisi yang bersifat sebagai imunomodulator dan antioksidan. Keduanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih, seperti limfosit, serta perbaikan sel-sel tubuh. Jadi, mengonsumsi sayuran ini membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

7. Menurunkan risiko kanker
Daun pohpohan termasuk makanan yang dibenci oleh sel kanker. Bagaimana tidak, nutrisi pada sayuran ini dapat mengurangi risiko terbentuknya sel-sel kanker dan menekan pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Daun pohpohan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Bila dikonsumsi secara berlebihan, daun pohpohan justru memicu pertumbuhan sel-sel kanker serta menurunkan fungsi hati, ginjal, tiroid, serta organ reproduksi.

BACA JUGA:Passion Flower Ampuh untuk Atasi Kesehatan Mental

Selain itu, meski aman dikonsumsi secara mentah, daun pohpohan tetap harus dicuci dengan air terlebih dahulu. Hal ini penting guna menghilangkan kotoran dan residu pestisida.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: