Ikuti 6 Cara Efektif Membasmi Kutu Rambut

Ikuti 6 Cara Efektif Membasmi Kutu Rambut

Gatal di kulit kepala, leher, dan area di sekitar telinga dapat menjadi gejala kutu rambut-Pinterest -

3. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam.

Ternyata, garam dapur dapat menjadi antiseptik alami untuk membasmi kutu kepala. Kamu bisa mencampurkannya dengan cuka untuk mengurangi kelembapan di kulit kepala sebagai cara mengusir kutu rambut.

  • Cara menghilangkan kutu rambut dengan garam cukup mudah.
  • Siapkan 3 sdm garam, 2 sdm cuka, dan 100ml air. Campurkan ke dalam wadah.
  • Masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray dan semprot ke rambut.
  • Bungkus dengan shower cap.
  • Biarkan larutan meresap selama 2 jam, lalu bilas bersih.

Lalu bagaimana dengan telur-telur kutunya? Cara menghilangkan telur kutu rambut dengan garam juga bisa dilakukan dengan metode yang sama, yaitu menyemprotkan campuran garam, cuka dan air ke rambut sebelum keramas.

BACA JUGA:Apakah Rumah Kita Termasuk? Buya Yahya Jelaskan Tanda-tanda Rumah Diberi Kelimpah Rezeki

4. Mengoleskan obat kutu rambut

Bila berbagai cara menghilangkan kutu rambut tidak efektif, Anda dapat menggunakan obat kutu rambut yang dijual bebas atau dengan resep dokter.

Berbagai kandungan pada obat kutu rambut ,seperti permethrin, benzyl alcohol, ivermectin, spinosad, atau malathion, efektif dalam membasmi kutu. Obat kutu rambut tersebut biasanya tersedia dalam bentuk losion dengan kadar bahan aktif 0,5– 5%.

Kendati demikian, obat kuti ini dapat menimbulkan risiko efek samping, seperti perih atau iritasi kulit kepala. Oleh karena itu, perhatikan dosis dan cara penggunannya.

5. Mengoleskan minyak zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut secara merata. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama semalaman.

Keesokan paginya, sisir rambut menggunakan sisir serit agar telur kutu yang menempel di dekat kulit kepala dapat terangkat.

Minyak zaitun akan membuat kutu rambut sulit bergerak dan bernapas. Namun, kutu rambut dapat bertahan tanpa bernapas selama berjam-jam. Agar cara menghilangkan kutu rambut ini efektif, pastikan untuk mendiamkan rambut yang telah diolesi minyak zaitun selama 6–8 jam.

BACA JUGA:Oei Tiong Ham! Raja Gula dan Konglomerat Pertama Asia Tenggara asal Semarang

6. Mengoleskan petroleum jelly

Cara menggunakan petroleum jelly untuk membasmi kutu rambu mirip dengan cara menggunakan minyak zaitun. Anda cukup mengoleskan petroleum jelly ke rambut secara merata. Lalu, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama semalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: