Ikuti 6 Cara Efektif Membasmi Kutu Rambut

Ikuti 6 Cara Efektif Membasmi Kutu Rambut

Gatal di kulit kepala, leher, dan area di sekitar telinga dapat menjadi gejala kutu rambut-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kutu rambut menjadi salah satu permasalahan pada kulit kepala yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Berbagai cara menghilangkan Kutu rambut bisa dengan mudah diterapkan jika merasa terganggu dengan keberadaan hewan ini.

Gatal di kulit kepala, leher, dan area di sekitar telinga dapat menjadi gejala kutu rambut. Untuk memastikannya, periksalah helaian rambut dan kulit kepala. 

Jika Anda melihat ada telur yang menempel di helaian rambut atau hewan kecil yang merayap di kulit kepala, bisa dipastikan bahwa Anda mengalami keluhan akibat kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami maupun obat khusus bertujuan untuk mengatasi keluhan akibat kutu rambut, seperti gatal di kulit kepala.

BACA JUGA:Mana yang Lebih Sehat, Air Kelapa Muda VS Air Kelapa Tua?

Cara menghilangkan kutu rambut bisa dimulai dengan menggunakan bahan alami hingga obat kutu rambut. Pemilihan dan penggunaan obat ini tergantung dari keparahan gejala yang ditimbulkan oleh kutu rambut.

Agar bebas dari rasa gatal akibat kutu rambut, berikut adalah beberapa cara membasmi kutu rambut dengan mudah yang bisa Anda lakukan:

1. Keramas dengan sampo antikutu

Pilih shampoo yang mengandung permethrin. Ini adalah bahan pestisida aktif pembasmi kutu rambut yang umumnya dijual bebas. Zat ini dipercaya mampu menghilangkan kutu rambut yang baru menetas dalam waktu beberapa hari setelah penggunaan. Untuk shampoo khusus kutu rambut, gunakan sesuai panduan yang tertera di kemasan.

2. Menyisir rambut dengan sisir serit

Cara menghilangkan kutu rambut satu ini tergolong mudah dan murah. Anda hanya memerlukan sisir yang rapat, seperti sisir serit, yang memiliki jarak antargigi sekitar 0,2 mm. 

Tujuannya adalah agar lebih banyak kutu dan telur kutu rambut yang terangkat, bahkan kutu yang berada di dekat kulit kepala.

BACA JUGA:Rezeki Bisa Datang Tanpa Ikhtiar, Amalkan Amalan Para Wali Berikut Ini

Anda disarankan untuk menggunakan sisir serit saat rambut dalam kondisi basah karena kutu akan bergerak lebih lambat dan juga lebih mudah terlihat. Sisir rambut dengan serit sebanyak 3–4 kali sehari sampai kutu benar-benar hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: