Tips dan Cara Mencuci Buah dan Sayur Secara Tepat Agar Hindari Peptisida dan Bakteri Salmonella

Tips dan Cara Mencuci Buah dan Sayur Secara Tepat Agar Hindari Peptisida dan Bakteri Salmonella

Buah dan sayur yang belum dicuci biasanya mengandung peptisida dan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E. coli -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebelum mengonsumsi buah dan sayur Anda sebaiknya perlu mencucinya terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan, buah dan sayur yang belum dicuci biasanya mengandung peptisida dan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E. coli yang sering ada di buah-buahan dan sayuran mentah.

Oleh karena itu, mencuci buah dan sayur harus dilakukan dengan benar untuk menghindari kontaminasi bakteri, parasit, atau pestisida yang bisa menyebabkan penyakit.

Lantas, bagaimana cara membersihkan buah yang benar supaya Anda terhindar dari penyakit? Yuk, siak penjelasan mengenai langkah-langkah mencuci buah dan sayur yang tepat. 

Salah satu cara terbaik untuk mencuci buah dan sayur adalah dengan air mengalir. Berikut ini adalah cara mencuci buah dan sayur yang benar untuk menghilangkan bakteri dan pestisida pada permukaannya:

BACA JUGA:Selain Mengurangi Karbohidrat, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengatasi Perut Buncit

1. Cuci tangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci tangan sebelum menyiapkan buah dan sayur segar. Anda sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun kurang lebih selama 20 detik. 

Mencuci tangan diperlukan untuk meminimalkan kontaminasi bakteri yang mungkin terjadi ketika Anda berada di pasar, memegang tas belanja, atau memegang gagang pintu.

2. Potong bagian yang rusak

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah sebelum mencuci buah dan sayur, Anda harus memperhatikan bagian permukaan buah atau sayur yang dibeli. Jika terdapat kerusakan atau tampak busuk, sebaiknya potong dan pisahkan bagian tersebut, karena bakteri penyebab penyakit bisa berkembang biak pada bagian tersebut.

BACA JUGA:Ketahui 6 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Jantung

3. Gunakan air mengalir

Sudah dijelaskan sebelumnya, jika salah satu cara terbaik membersikan buah dan sayur adalah dengan mencucinya di air yang mengalir. Mencuci buah dan sayur dengan menggunakan air yang mengalir dinilai cukup efektif untuk membersihkan kotoran pada permukaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: