Benarkah Stres Bisa Menyebabkan Kucing Demam? Simak Penyebab Kucing Alami Demam

Benarkah Stres Bisa Menyebabkan Kucing Demam? Simak Penyebab Kucing Alami Demam

Kondisi yang dapat menyebabkan kucing demam-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu kekhawatiran para pecinta kucing adalah konsidi kucing yang sedang tidak sehat atau sedang mengalami deman. Tahukah kamu? kucing demam bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari suhu udara yang terlalu panas, stres, hingga penyakit tertentu. 

Anda tidak perlu khawatir jika kucing peliharaan mengalami demam. Hal ini dikarenakan, demam pada kucing terkadang bisa sembuh sendiri dan tidak berbahaya. 

Namun, perlu diperhatikan kondisi ini juga perlu diwaspadai apabila berlangsung lama atau disertai gejala lainnya. Suhu tubuh kucing normalnya berkisar antara 38–39°C. Ketika kucing demam, bagian telapak kaki, telinga, atau wajahnya teraba lebih hangat dari biasanya. 

Selain itu, napas kucing yang demam juga mungkin bisa jadi lebih hangat dan cepat. Saat mengalami demam, kucing juga akan tampak lemas, tidur terus, tidak mau makan atau minum, dan suka bersembunyi. Lantas, apa saja yang bisa menyebabkan kucing mengalami demam? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Selain Mengurangi Karbohidrat, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengatasi Perut Buncit

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kucing demam dikutip dari laman alodokter.com.

1. Dehidrasi

Sama seperti halnya manusia, kucing demam bisa dipicu saat tubuhnya kekurangan cairan atau dehidrasi. Kucing bisa mengalami dehidrasi ketika ia muntah dan diare sehingga jadi kurang mau makan dan minum seharian. 

Padahal, cairan diperlukan tubuh untuk mengatur suhu tubuh. Saat dehidrasi, kucingmu juga akan tampak sangat lemas, kurang mau makan dan minum, dan cenderung hanya mau tidur seharian. 

Bila dehidrasi sudah parah, mata kucing bisa tampak kering dan cekung serta lebih jarang pipis. Dehidrasi pada kucing perlu segera ditangani oleh dokter hewan karena bisa membahayakan kesehatannya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan

2. Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab kucing bisa mengalami kenaikan pada suhu tubuh. Ketika kamu khawatir tubuh kucingmu terasa lebih hangat, cobalah mengukur suhu tubuhnya dengan termometer terlebih dahulu. 

Saat kucing stres ia bisa mengalami kenaikan pada suhu tubuhnya, jika suhu tubuhnya tetap tinggi atau di atas 40°C yang berlangsung selama lebih dari 1 hari, bawalah kucingmu ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: