Inilah 5 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Manfaat Daun Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

Daun melinjo kerap digunakan di dalam berbagai macam makanan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daun melinjo yang biasa dikonsumsi sebagai tambahan pada syur asam ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan  daun melinjo juga dapat diolah menjadi makanan dan bahkan obat herbal. 

Di Indonesia, daun melinjo kerap digunakan di dalam berbagai macam makanan, seperti sayur asem, sayur bening, dan lalapan. Selain mudah ditemukan dan murah harganya, daun melinjo juga dapat dikonsumsi sebagai salah satu pilihan makanan sehat.

Manfaat daun melinjo bagi kesehatan sangatlah beragam. Hal ini berkat kandungan nutrisi dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Daun melinjo yang dikonsumsi sebagai makanan atau minuman herbal (jamu) dapat memberikan berbagai manfaat. Beragam kandungan zat gizi yang dimiliki oleh daun tangkil membuat daun menawarkan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

BACA JUGA:Selain Mengurangi Karbohidrat, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengatasi Perut Buncit

1. Menurunkan kadar asam urat

Berbeda dengan bijinya yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi, bagian kulit biji dan daun melinjo justru baik untuk menurunkan asam urat. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi daun melinjo terlihat dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Hal ini karena daun tangkil memiliki kandungan senyawa flavonoid yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Flavonoid bekerja dengan menghambat enzim xanthine oksidase, yaitu enzim yang berperan dalam mengubah purin menjadi asam urat. Meski demikian, manfaat daun melinjo sebagai obat asam urat masih perlu diteliti lebih lanjut.

BACA JUGA:Cara Alami Menumpas Asam Urat dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

2. Mencegah penuaan

Paparan radikal bebas yang berasal dari radiasi UV maupun polusi udara dapat menyerang struktur sel kulit dan menyebabkan kerusakan. Hal ini membuat kulit perlahan kehilangan elastisitasnya dan menyebabkan munculnya tanda penuaan kulit seperti keriput. 

Sifat antioksidan dari daun melinjo dapat membantu untuk mencegah munculnya tanda penuaan di kulit. Antioksidan dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas.  Selain itu, kandungan vitamin C di dalam daun herbal ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit terlihat lebih kencang dan halus. 

3. Mengelola kadar gula dalam darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: