Tips Melakukan Perawatan dan Pemberian Makan Lovebird

Tips Melakukan Perawatan dan Pemberian Makan Lovebird

Cara merawat dan memberi makan lovebird-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Di alam liar, burung lovebird memakan biji-bijian, beri, buah-buahan, rerumputan, tunas daun, serta tanaman pertanian seperti jagung dan buah ara. 

Wadah makanan dan air mereka sebaiknya terbuat dari gerabah atau porselen, karena wadah plastik bisa digerogoti oleh burung.Untuk makanan khusus, lovebird dapat diberi diet yang diformulasikan, baik berupa pelet atau ekstrusi. Diet yang diformulasikan menyediakan basis nutrisi yang baik dan tidak memerlukan tambahan vitamin. 

Namun, diet ini tidak mengandung fitonutrien (pigmen antioksidan) yang ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

BACA JUGA:Tips Memilih Usaha Ternak Yang Menjanjikan, Ini 10 Pilihan Terbaik

BACA JUGA:Cara Membuat Racikan Pakan Agar Ayam Ternak Gemuk dan Sehat

Fitonutrien dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri, dan mencegah beberapa penyakit. Selain itu, lovebird dapat merasa bosan dengan makanan yang diformulasikan karena kurangnya variasi.

- Diet Benih:

Pola makan yang hanya mengandalkan biji memang menawarkan lebih banyak variasi, namun membutuhkan suplemen tambahan berupa vitamin dan kalsium. Lovebird tidak hanya membutuhkan nutrisi yang terpenuhi, tetapi juga variasi dalam makanannya untuk pengayaan psikologis. 

Makanan burung lovebird sebaiknya terdiri dari 1,5 hingga 2 ons (45-60 gram) pakan setiap hari per ekor.

- Suplemen:

Suplemen untuk lovebird termasuk sayuran segar, sayuran hijau, cabang pohon untuk kulit kayu, beberapa buah-buahan, dan semprotan millet. Beberapa buah yang dapat diberikan sebagai suplemen adalah beri, apel, anggur, pir, pisang, dan kiwi. Hindari memberikan alpukat karena dapat beracun bagi burung.

BACA JUGA:Tips Sukses Beternak Sapi, Ini 7 Langkah yang Perlu Diperhatikan

BACA JUGA:Tips Sukses dan Dapatkan Omset Tinggi, Ini 5 Cara Ternak Entok

Sayuran yang baik untuk suplemen meliputi bayam, endive, selada air, chickweed, lobak, peterseli, dandelion, daun wortel, jagung rebus, kacang polong, dan selada. Untuk protein tambahan, Anda bisa memberikan kacang-kacangan seperti kacang yang tidak dikupas, hazelnut, kenari, kacang Brazil, dan chestnut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: