Jarang Dikonsumsi, Inilah 5 Manfaat Jambu Jamaika Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jarang Dikonsumsi, Inilah 5 Manfaat Jambu Jamaika Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

manfaat atau khasiat jambu jamaika-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak banyak dikonsumsi menjadikan manfaat jambu jamaika atau jambu bol sering kali di abaikan. Padahal buah berwarna merah ini kaya akan nutrisi yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah yang memiliki bentuk bulat atau lonjong ini juga mempunyai nama latin, yaitu Syzygium malaccense. Hal ini juga membuat buah ini disebut sebagai Malay apple.

Walaupun mirip dengan jambu air, jambu jamaika mempunyai ukuran yang lebih besar serta daging lebih tebal. Selain menyegarkan, ada manfaat atau khasiat dari jambu jamaika untuk tubuh karena mempunyai kandungan vitamin A dan juga vitamin C.

Apabila Anda melihat  kandungan gizi jambu jamaika, terdapat berbagai kandungan mulai dari vitamin, mineral, serta kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat buah yang satu ini? Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat jambu jamaika.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Seseorang Mudah Kelelahan

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ada pula kandungan mineral lainnya dari jambu jamaika, yaitu zat besi yang merupakan salah satu mineral terpenting bagi kesehatan.

Hal ini karena zat besi adalah bagian dari hemoglobin, protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh lainnya. Ini juga membantu memberikan oksigen ke area otot.

Salah satu manfaat jambu jamaika karena adanya kandungan zat besi adalah membantu mengatasi kelelahan. Saat tubuh kekurangan zat besi, maka tingkat energi pun menurun.

Maka dari itu, zat besi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena hemoglobin dapat melawan penyakit serta infeksi.

BACA JUGA:Kulit Wajah Glowing dengan 2 Bahan Alami Ini, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

2. Melancarkan buang air besar

Hampir setiap sayuran dan buah mempunyai kandungan serat yang baik untuk tubuh. Begitu juga dengan kandungan serat di dalam jambu jamaika yang bermanfaat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

Jambu jamaika merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Buah ini juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi, yaitu mencapai 90%. Dengan kandungan serat dan air tersebut, konsumsi jambu jamaika dapat melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: